2015 My Work My Adventure

Well..2015 tersisa beberapa hari lagi. Menoleh sebentar ke belakang untuk melihat apa saja yang sudah saya lewati selama 2015 ini. Owh…luar biasa ternyatah… 😀 benar-benar tahun yang amazing buat saya. Skenario Tuhan yang membuat saya tak henti-hentinya bersyukur. Setelah hampir 2 tahun saya tidak banyak beraktifitas diluar rumah..tahun 2015 ini banyak sekali aktifitas saya diluar rumah…diluar kota…diluar propinsi..di luar Jawa. Dan semuanya dalam rangka BEKERJA. Itulah kenapa saya mantapkan menganggap kalau MY WORK MY ADVENTURE… and I really love and enjoy it.

Emang travel blogger…kok my work my adventure?Hehehe bukanlah…saya bukan travel blogger meski saya suka travelling dan suka ngeblog… 🙂 Etapi terserah juga sih mau dibilang travel blogger atau bukan.. Yang pasti meski banyak perjalanan yang saya lakukan tahun ini…ternyata saya gak banyak menuliskannya di blog. Nah lo… Saya liat-liat sempat blog ini nganggur sebulan lebih..hahah..gitu kok ngaku blogger yak..Gapapa lah…karena memang setelah perjalanan saya dikejar-kejar laporan yang harus dikirim setidaknya seminggu sekali. Begitulah…selalu ada alasan untuk gak update blog…hehehe.

Jadi kemana saja tahun 2015 ini?Work nya apa…Adventure nya apa… Hmm…adventure berawal ketika saya mulai ikut bimbingan teknis untuk pendamping Upsus Pajale di kampus UB. 5 hari saya kombinasikan kegiatan di kelas dan adventure. Kisahnya sudah saya tulis di  ‘Brau Tracking Adventure’ . Seru lah..

Selama 6 bulan setelah bimtek itu…hampir setiap hari saya berkeliling menyusuri pematang sawah…jalan desa..jalan kabupaten dan jalan propinsi ..halah! hahah ya karena pekerjaan ini membuat saya harus berkeliling bukan saja di tempat saya bertugas di kecamatan Ambunten (sekitar 27 km lah dari tempat saya tinggal). Saya juga ke kecamatan lain yang ada di Sumenep, tempat tugas teman-teman lainnya. Sungguh baru kali ini saya berkesempatan mengeksplore pelosok Sumenep. Banyak tempat asik ternyata… Sebagian ceritanya bisa disimak postingan ‘Dari Sawah Ke Sawah’ ya….Di Upsus Pajale Sumenep : Uji Genotype Jagung. Oya saya juga menuliskan sedikit di Kompasiana.. ‘Swasembada Pangan (Harusnya) Bukan Angan-angan’.

Menjelang akhir tahun ada ajakan teman untuk ikut pekerjaannya di bidang kelautan, jadi fasilitator nasional untuk program Sekaya Maritim (Seribu Kampung Nelayan Mandiri Tangguh Indah dan Maju). Waini….another adventure will begin…Bidang yang baru buat saya. Saya bertugas di kecamatan Pasongsongan (masih di Sumenep juga) sekitar 40 km lah dari tempat saya tinggal. Kali ini menyusuri kampung-kampung nelayan..bertemu dengan nelayan…pemilik perahu…pelaku usaha perikanan…juga perempuan-perempuan tangguh yang hidup dari hasil laut.

SEKAYA MARITIM1

Di salah satu Perahu di Pasongsongan

SEKAYA MARITIM 2

Perbaikan Jaring di PPI Pasongsongan

Dari pekerjaan ini saya melihat sendiri perbedaan pola kerja petani dan nelayan. Perbedaan yang sangat signifikan berdampak pada perkembangan keorganisasian dan kelembagaan petani dan nelayan. Meski singkat…banyak hal yang bisa saya pelajari dari pekerjaan ini. Dan yang terpenting buat saya selain saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini…adalah unsur adventure yang mengiringi pekerjaan ini.. 🙂 Saya belum menuliskan tentang adventure di kampung nelayan ini..semoga sebelum tahun 2015 ini berakhir sudah saya posting ya di blog. Hehehe.

Dan menutup tahun ini… saya mengajak anak-anak menghabiskan liburan di luar propinsi 😉

Terima kasih 2015!

 

 

Advertisements

7 thoughts on “2015 My Work My Adventure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s