Surga Tersembunyi di Sumenep Madura

MenduniakanMadura220

Ketika mendengar kata Madura…apa yang kamu bayangkan?Panas..gersang..kasar..temperamen..apalagi?ah…berarti belum kenal Madura 🙂 lalu dengar kata Sumenep, apa yang terbayang? Jauh. Haha ya iyalah..karena Sumenep terletak di bagian ujung timur pulau Madura, sekitar 4-5 jam dari ibu kota propinsi Jawa Timur. Padahal ya…surganya Madura itu ada di Sumenep loh… Iiissshh..masak sih…Iya..bener! Gak percaya.. Sini saya saya kasih tahu surga tersembunyi yang bisa kamu kunjungi di Sumenep-Madura.

Surga tersembunyi bertebaran di Sumenep-Madura. Bayangkan saja..sebuah kabupaten punya 126 gugusan pulau, beberapa diantaranya belum punya nama. Keindahan alam tiap pulau berbeda-beda..Saya sendiri baru mengunjungi 6 pulau diantaranya. Dan keenam pulau itu…surga tersembunyi beneran deh…Karena untuk mencapainya kita harus menyebrangi lautan lagi. Waktu tempuhnya variatif, antara 30-120 menit. Itu pun tergantung cuaca, bila musim angin…waktu tempuh 30 menit bisa jadi 45 menit..1,5 jam bisa jadi 2 jam bahkan lebih.. Tengok aja yuk..pulau apa saja yang menyimpan keindahan tiada tara ini…

Gili Iyang

Inilah salah satu surga tersembunyi dengan kekayaan sumber daya alam yang tak ada tandingannya di Indonesia. Pulau yang bisa ditempuh dari pelabuhan Dungkek Sumenep ini terkenal dengan kandungan oksigennya yang terbaik ke-2 di dunia setelah Yordania. Wuiihhh gemana tuh rasanya oksigen kualitas premium 🙂 Segerrr..meski udara laut terasa panas…ada rasa segar yang terhirup setiap kita menarik nafas. Tak heran…banyak penduduk yang berusia lanjut (90-100 tahun lebih) tapi masih bisa beraktivitas normal alias sehat segar bugar.

menduniakanmadura220

Pantai Ropet Gili Iyang

Keindahan alamnya juga unik… Ada Pantai Ropet (artinya pantai sempit) dengan gugusan karangnya.. Pantai ini  bagus banget kalau dinikmati saat matahari terbit..lalu dilanjutkan makan pagi di sekitar pantai.. Surga!

Gili Labak

Nah..ini mungkin sudah mulai banyak didengar oleh pelancong baik lokal maupun internasional… cieee…Yakin nih..?Iya donk… Gili Labak bener-bener serpihan surga yang terlempar ke perairan Sumenep-Madura hahha. Pulaunya seuprit..sekitar 5 ha. Keliling pulau juga Cuma 30 menit selesai.  Tapiiii pulau yang berpasir putih bersih ini..punya keindahan taman bawah laut yang mempesona..Gak terlalu dalam..setengah meter sampai 3 meter udah bisa menikmati bentukan alam dan ikan berwarna warni yang tak takut pada manusia.

Under Water Gili Labak

Bersnorkeling di Gili Labak

Untuk menuju kesini , dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan laut.

Gili Labak5

Menyusuri Gili Labak

Gili Genting

Surga tersembunyi lainnya ada di Gili Genting, sekitar 30 menit menyebrang ke arah selatan Sumenep (dari pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi).  Pulaunya lebih luas dibanding Gili Labak. Salah satu destinasi wisata favorit dari Gili genting adalah Pantai 9. Disebut Pantai 9 karena gugusan pasir pantainya dilihat dari atas membentuk angka 9.

pantai-sembilan10

Pantai 9 dari udara (sumber : spotourism.id)

Di pantai ini sudah dilengkapi fasilitas homestay di tepi pantai, dan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Gak perlu snorkeling…wisatawan udah bisa menikmati surga Gili Genting. Mau keliling pulau juga oke…Tapi saya belum sempat melakukannya..hehhe sudah terlanjur betah di Pantai 9..sampai habis waktu.

pantai-sembilan3

Pantai 9

Pantai 9 sampai sekarang masih terus berbenah…berbagai fasilitas untuk pengunjung selalu ada yang baru…termasuk banana boat. Tapi saya belum coba fasilitas ini… 😉

Gili Raja

Gili Raja letaknya bersisian dengan Gili Genting. Bisa ditempuh sekitar 30 menit juga dari pelabuhan di kecamatan Bluto. Yang istimewa dari Gili Raja ini juga adalah wisata taman lautnya. Tapi memang belum ada operator wisata yang secara khusus melayani perjalanan ke pulau ini, seperti 3 Gili yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Jadi kalau mau snorkelingan ke perairan Gili Raja…harus pilih-pilih operator dulu ya… 😉

Gili Pandan 3

Bersnorkeling di perairan Gili Raja

Gili Pandan

Ini juga serpihan surga…karena luas pulaunya tak sampai 2 hektar. Tak berpenghuni pula. Hanya ada sepasang suami istri yang menjaga pulau, Pak Jakson dan istrinya.  Mereka tak tinggal permanen, hanya menempati gubuk sederhana, dan sesekali pulang ke Gili Raja rumah mereka. Pulau berpasir putih ini..bisa ditempuh sekitar 2 jam dari pelabuhan kecamatan Bluto. Tapi bisa 30 menit saja dari kecamatan Galis kabupaten Pamekasan. Menikmati sunset di pulau ini…uwowww…pantai di Bali dan Lombok…lewaaaattttt… 😉

Gili Pandan6

Gili Pandan yang Aman Damai

Rasanya pulau ini layak juga disebut pulau cinta…hahahah bukan kenapa-napa…dari udara..pulau ini bentuknya kayak simbol cinta! Lihat nih…kalo gak percaya…

tiket4

Foto Tampak Atas Gili Pandan by @LutfiSuryo07

Well…lalu bagaimana caranya kalau mau menikmati surga-surga tersembunyi di Sumenep-Madura? Gampang…serahkan urusan semuanya ke Tiket.com … Tinggal tentukan jadwal keberangkatan dan kepulangan, pilih mau berangkat dari mana.. Rute Pesawat ke Sumenep sudah tersedia lohhh mulai akhir September ini…Jadi gak perlu berlama-lama perjalanan Surabaya ke Sumenep.

tiket2

Tapi kalau mau menikmati keindahan bagian Madura lainnya, asik juga kok…pesan tiket pesawat atau kereta ke Surabaya…lalu lanjut sewa mobil ke Madura…itu lebih enak lagi…karena waktu kan lebih fleksibel 🙂 Sewa mobil pun bisa lewat Tiket.Com ..Aseli gak pake ribet … 🙂

tiket3

Kenapa Harus di Tiket.Com?

tiket1

Banyak kemudahan di Tiket.com yang bisa kamu peroleh. Selain karena tiket pesawat, hotel, event, atraksi, dan sewa mobilnya terlengkap baik domestik maupun internasional, jaminan pembayaran online nya juga aman dan mudah. Selain itu layanan pelanggannya juga 24 jam. Oya…ada Tix Point nya loo yang bikin perjalanan lebih hemat dan menguntungkan. Bisa untuk diskon di merchant tertentu,  ditukar dengan barang yang kita inginkan, atau untuk dapet potongan langsung saat bertransaksi di Tiket.com.

Waaa…tunggu apa lagi….rencanakan perjalanmu ke surga tersembunyi di Sumenep-Madura…sekarang jugaa… 🙂

Advertisements

14 thoughts on “Surga Tersembunyi di Sumenep Madura

  1. Mauuuuu mbak, mau banget diriku -_- Ya Allah semoga terkabul ketemu mbak juga ya
    Bener, emang surga. Karena duluuu awalnya kita (saya ama suami) cuma di pinggir madura aja, bingung gak tahu kemana. Ternyata dalamnya, subhanallah.

  2. Wah, keren banget! Jaman kuliah dulu banget, sempat ke Sumenep. Tapi, terus langsung lanjut ke Pulau Kangean, menemani teman yang sedang cari data untuk thesis-nya waktu itu. Jadi pengin ke Madura lagi untuk wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s