Destinasi Wisata Palembang

Halo..halo…adakah yang ingat di bulan Agustus ini Indonesia punya pesta apa selain Hari Kemerdekaan?Yup betul! Indonesia punya pesta olahraga se Asia, Asian Games 2018. Indonesia bakal menjadi tuan rumah Asian Games mulai tanggal 18 Agustus – 2 September 2018. Venue dari acara ini berada di Jakarta-Palembang-dan Jawa Barat.

Nah kalo pengen lihat aksi para atlet berjuang merebut medali di Palembang, bolehlah sekalian eksplor destinasi wisata yang ada di sekitar Kota Palembang. Saya share nih..beberapa destinasi keren dan udah terkenal  se antero nusantara.

Jembatan Ampera

 

Jembatan ini adalah ikon Palembang. Jembatan yang membentang membelah Sungai Musi ini panjangnya 1,177 km dengan lebar sekitar 22 meter. Jembatan ini juga sering dijadikan arena event. Saat peristiwa alam gerhana matahari total, lalu lintas di jembatan ini ditutup dan sepenuhnya digunakan untuk masyarakat yang ingin melihat gerhana. Jadi kalo ke Palembang mestinya wajib lah ya ke jembatan ini.

Jangan lupa juga..tak jauh dari jembatan ini ada Kampung Arab Al-Munawar yang sangat instagramable. Daya tarik utamanya adalah bangunan-banguna tua yang masih terawat dan menarik untuk dijadikan obyek foto.

Palembang4

Pasar Sekanak

Tak jauh dari jembatan Ampera..ya kurang lebih 50 meteran lah.. ada Pasar Sekanak. Pasar ini merupakan pusat makanan dan souvenir. Jadi bisa banget ya..setelah dari jembatan Ampera lalu kulineran dan beli oleh-oleh di pasar ini. Pasar semi modern dan tradisional. Pasar yang sudah dianggap sebagai kota tua ini juga kadang menjadi arena pertunjukan seni. Wahh pasti seru ya kalo nonton aksinya.

Benteng Kutobesak

Benteng ini lokasinya berada di tepi Sungai Musi.  Sebagai peninggalan sejarah yang penting, Benteng Kuto Besak sudah berumur ratusan tahun. Pada malam hari biasanya banyak pedagang kuliner di sekitar area Benteng Kuto Besak ini. Lebih asyik lagi kalau  makan malamnya di atas kapal restoran terapung. Suasananya pasti menyenangkan dan berkesan.

Bukit Siguntang

Agak bergeser sedikit ya dari Kota palembang, sekitar 3 km ke arah utara Sungai Musi ada Bukit Siguntang. Bukit ini ketinggiannya sekitar 30 meter saja. Ketika masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat beribadah dan bertapa umat Buddha. Di sekitar bukit terdapat arca-arca berukuran besar. Sampai sekarang Bukit Situnggang masih dianggap sakral oleh warga setempat. Apalagi banyak warga yang datang untuk berziarah.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini letaknya sekitar 7 km dari kota Palembang. Dengan luas sekitar 50 ha, Taman Hutan Wisata memiliki banyak fasilitas yang sangat menghibur pengunjung. Ada kebun binatang, penangkaran buaya, kolam renang, atraksi gajah. Selain itu banyak spot yang menarik buat dijadikan latar belakang berfoto.

Palembang1

Masih banyak destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi kalo kita mau sekalian melihat keserun Asian Games 2018 di Palembang. Dan jangan lupa juga..kulinernya itu lo…Wah…pastikan untuk mencicipi Pindang Patin, Tekwan, dan yang wajib tuh pempeknya lah ya…

Palembang3

 

Palembang2

Untuk menuju ke Palembang banyak alternatif transportasi. Jalur darat kalau dari Pulau Jawa naik bisa atau kendaraan pribadi yang tentu saja aksesnya menyebrangi Selat Sunda. Kalau jalur udara..kita bisa pilih pesawat rute langsung ke Palembang. Gampang kan..? Selamat berwisata yaa..

Advertisements

Menu Sahur Praktis So Good

Selama  bulan puasa..salah satu yang bikin bagian dapur pusing tujuh keliling biasanya adalah menentukan menu sahur. Karena selain waktunya gak banyak, mood untuk makan agak susah karena bangun tidur. Nah untuk itu saya biasanya berkompromi dengan anak-anak. Pengennya makan apa pas sahur. Saya lakukan hal itu hampir tiap hari. Selain agar lebih mudah menentukan menu, saya juga gak bingung kan..

Tapi ada kalanya anak-anak juga bingung..hahaha. jadi emak lagi-lagi harus pinter deh ngaturnya. Salah satu yang jadi andalan adalah menu siap saji yang mudah dan praktis penyiapannya. Yes..aneka produk olahan dari So Good bisa banget jadi pilihan untuk lauk sahur. Saya pilih naget ayam, karena memang kesukaan anak-anak. Udah deh kalo begitu bangun ada nugget tersedia di meja makan..sahurnya langsung semangat dan makannya cepat.

Untuk nugget ayam So Good,  ada beberapa alasan saya memilihnya..diantaranya : mudah didapat di berbagai swalayan atau mini market, harganya terjangkau, kandungan gizi dan kualitasnya juga terjamin, rasanya enak dan disukai anak-anak.

Menyajikan So Good 

Sahur praktis tentu pilihan yang utama, setidaknya buat saya. Apalagi saya termasuk yang suka sahur mepet-mepet jam imsak. Jadi gak perlu nunggu lama untuk sampai waktu solat subuh. Dengan waktu yang tidak banyak, maka saya tinggal ambil persediaan produk olahan So Good.

Sahur dengan Nugget Ayam Original cukup disiapkan nugget yang digoreng dengan api sedang. Sebagai pelengkapnya saat sahur bisa dengan sambal. Bisa sambal saus sambal instan, bisa juga sambal olahan sesuai dengan selera. Nah…saya punya resepnya nih kalo mau pake sambal khas Madura (Sumenep). Namanya sambal petis timun (atau biasa disebut cengi temon).

Bahan : petis ikan 1 sendok makan, cabe rawit sesuai selera, 1 buah timun ukuran sedang, tomat, sedikit garam.

Cara membuat : haluskan cabe rawit dan garam, tambahkan petis. Setelah petis tercampur dengan cabe dan garam, tambahkan timun yang dicincang kasar dan tomat. Campur hingga menyatu dan sedikit berair (dari timun dan tomat). Sambal petis siap disajikan. Santap chicken nugget original dengan sambal timun yang segar.

Nah dengan menu seperti ini otomatis terpenuhi juga pola gizi seimbang. Karena chicken nugget mengandung protein hewani dan berbagai vitamin dan mineral,  dan lainnya dilengkapi dari sambal yang menggunakan timun dan tomat segar.

Alternatif sambal lainnya bisa jadi teman menyantap chicken nugget original. Seperti sambal mayones (ini enak banget dan praktis..), sambal matah,  sambal ijo, sambal trasi. Tapi kalo sambal yang saya sebutkan tadi belum dilengkapi dengan sayuran segar ya…Jadi kita perlu tambahkan menu sayur lainnya agar lebih bergizi. Penyiapan sambal juga gak terlalu ribet kan…Kalo pengen lebih praktis, siapkan sambal sambil menunggu waktu chicken nugget selesai digoreng. Atau bisa juga saat sebelum sahur (sebelum tidur), sehingga saat sahur…sambal sudah siap menjadi teman chicken nugget.

Nahh gemana? Sudah menyiapkan persediaan produk olahan So Good untuk menyambut Lebaran?Ya boleh donk…chicken nugget original jadi pilihan persediaan Lebaran…Anda juga bebas mengkreasikannya  sesuai selera keluarga. Secara kalo lebaran suka bosan kan dengan olahan dari  daging.

ASUS VivoBook S S510 Pilihan Partner Kerja Handal untuk Freelancer

Setiap orang punya alasan sendiri dalam memilih partner kerjanya. Ya kali…kalo partner kerjanya udah ditentukan tempat dia bekerja..gak bisa berbuat banyak. Tapi kalo bisa pilih-pilih partner kerja sendiri..nah…ini yang kudu pinter milihnya.  Sebagai orang yang kerjanya hampir 100 % bergantung pada notebook dan internet ..ya partner kerja saya yang utama 2 itu…notebook dan internet.

Internet yang kenceng.., kencengnya gak pilih-pilih tempat..,harga sangat terjangkau….pasti jadi pilihan. Kalau ini saya gak terlalu pusing sih milihnya…ada lah..yang sudah jadi andalan.

Asus VivoBook SS510 Partner Handal Freelancer 

Nah kalo notebook gemana?Adakah yang bisa diandalkan?Atau partner handalnya masih dalam mimpi nih?Hihihi..ya lah..saya ngaku…partner yang satu ini masih dalam angan-angan. Dia adalah Asus VivoBook S S510, notebook tergres yang dirilis Asus tahun 2017 ini. Kenapa notebook ini layak jadi partner handal pekerja freelance ?

Desain Fisik

Tampilan adalah hal pertama yang bakal dilihat dalam memilih partner kerja. Kalo tampilannya udah gak menarik, tentu males banget mau kerja bareng kan.. Nah..Asus VivoBook S S510 ini dari segi tampilan aja udah bikin pengen bawa kemana-mana. Yap…karena beratnya cuma 1,5 kg dengan body termasuk besar ( sekitar 15,6 inch). Ketebalannya itu loo 1,79 cm saja…kan tipis banget…

Yang ringan-ringan begini tentu menyenangkan untuk dibawa kemana-mana. Gak bikin pegel gendongnya 😀 Meski secara fisik saya ini termasuk kuat banget bawa beban 5 kg sekalipun..tapi yaaa kalo ada yang enteng ya pilih yang enteng dong ya… 😉 Jadi tas bisa ditambah makanan aja… hahaha..mau kerja apa mau apa.. 😀 Kenapa bisa seringan itu? Karena ada Teknologi Nano. Teknologi Nano Edge nya bikin 80% penampang Si S510 ini adalah layar. Bingkainya gak sampai hanya 0.78 cm. Jadi tipis dan enteng…

Nah..bagian body lainnya juga berbeda… Biasanya kan panel dudukan terbuat dari plastik berwarna gelap/hitam. VivoBook S S510 dudukan panelnya sama dengan bagian body lainnya dengan finishing metalik yang diamplas. Jadi lebih rapi dan elegan kan…

Selain itu bisa dicek deh bagian keyboardnya..dengan posisi yang agak turun dibandingkan dengan body notebook, bikin ngetik tambah nyaman…dan tentu saja lagi-lagi tampilannya jadi lebih simpel. Pada bagian keyboard yang beda juga itu tombol power dan tanda panah. Tombol powernya menyatu dengan bagian keyboard, tidak terpisah di bagian body lainnya. Sementara tombol panah ada jeda posisi, jadi resiko salah pencet saat mengetik cepat bisa lebih kecil. Sedetail itu ya…pehatiannya demi kenyamanan 🙂

Peforma

Pertimbangan kemudahan saat dibawa saja tentu nggak cukup. Si partner kerja haruslah pintar setidaknya bisa mengimbangi kebutuhan partnernya. Bodi oke tapi otak lemot..hihihi…ya udah babay… Sebagai partner impian…Asus VivoBook S S510 memang sangat memenuhi kebutuhan saya. RAM nya aja udah 4GB dengan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD.

Prosesornya yang dipake Intel Core generasi ke-7 atau KabyLake, prosesor terbaru dari Intel! Prosesor ini punya kecepatan 2,5GHz yang bisa ditingkatkan sampe 3,1GHz. Bebas dari kelemotan 😀 Notebook ini juga dilengkapi grafis mumpuni berbasis Nvidia GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB.

Sebagai freelancer yang gak terlalu mau mikir urusan pindah-pindah data… Produk ASUS ini cocok.. Karena untuk menampung data tersedia harddisk sebesar 1TB plus SSD sebesar 128GB.

Varian portnya juga komplit loh…Mulai dari port HDMI berukuran penuh yang dapat disambungkan dengan sangat mudah ke pesawat televisi ataupun proyektor, ada juga port USB 3.1 berbasis Type-C yang udah terkenal kecepatan akselerasinya.

asusssss

Segala kecanggihan notebook ini hanya membutuhkan daya 7,5 sampai 25 watt. Wehhh… hemat energi banget kan. Belum lagi Super Battery nya yang bikin sampai 3 kali lebih awet dibanding notebook lainnya. Ada lagi aplikasi Battery Health Charging yang memungkinkan pengguna mengatur kebutuhan pengisian baterenya. Dadah Babay deh ya sama kisah batere kembung gara-gara kelamaan ngecharge 😀

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya..cek ini deh :

Cocok banget kan ya buat pekerja freelance …udah ringan ..canggih..hemat energi pula… Semoga berjodoh dengan ASUS VivoBook S S510 yah….Aminkan donk… 😉

 

 

Surga Tersembunyi di Sumenep Madura

MenduniakanMadura220

Ketika mendengar kata Madura…apa yang kamu bayangkan?Panas..gersang..kasar..temperamen..apalagi?ah…berarti belum kenal Madura 🙂 lalu dengar kata Sumenep, apa yang terbayang? Jauh. Haha ya iyalah..karena Sumenep terletak di bagian ujung timur pulau Madura, sekitar 4-5 jam dari ibu kota propinsi Jawa Timur. Padahal ya…surganya Madura itu ada di Sumenep loh… Iiissshh..masak sih…Iya..bener! Gak percaya.. Sini saya saya kasih tahu surga tersembunyi yang bisa kamu kunjungi di Sumenep-Madura.

Surga tersembunyi bertebaran di Sumenep-Madura. Bayangkan saja..sebuah kabupaten punya 126 gugusan pulau, beberapa diantaranya belum punya nama. Keindahan alam tiap pulau berbeda-beda..Saya sendiri baru mengunjungi 6 pulau diantaranya. Dan keenam pulau itu…surga tersembunyi beneran deh…Karena untuk mencapainya kita harus menyebrangi lautan lagi. Waktu tempuhnya variatif, antara 30-120 menit. Itu pun tergantung cuaca, bila musim angin…waktu tempuh 30 menit bisa jadi 45 menit..1,5 jam bisa jadi 2 jam bahkan lebih.. Tengok aja yuk..pulau apa saja yang menyimpan keindahan tiada tara ini…

Gili Iyang

Inilah salah satu surga tersembunyi dengan kekayaan sumber daya alam yang tak ada tandingannya di Indonesia. Pulau yang bisa ditempuh dari pelabuhan Dungkek Sumenep ini terkenal dengan kandungan oksigennya yang terbaik ke-2 di dunia setelah Yordania. Wuiihhh gemana tuh rasanya oksigen kualitas premium 🙂 Segerrr..meski udara laut terasa panas…ada rasa segar yang terhirup setiap kita menarik nafas. Tak heran…banyak penduduk yang berusia lanjut (90-100 tahun lebih) tapi masih bisa beraktivitas normal alias sehat segar bugar.

menduniakanmadura220

Pantai Ropet Gili Iyang

Keindahan alamnya juga unik… Ada Pantai Ropet (artinya pantai sempit) dengan gugusan karangnya.. Pantai ini  bagus banget kalau dinikmati saat matahari terbit..lalu dilanjutkan makan pagi di sekitar pantai.. Surga!

Gili Labak

Nah..ini mungkin sudah mulai banyak didengar oleh pelancong baik lokal maupun internasional… cieee…Yakin nih..?Iya donk… Gili Labak bener-bener serpihan surga yang terlempar ke perairan Sumenep-Madura hahha. Pulaunya seuprit..sekitar 5 ha. Keliling pulau juga Cuma 30 menit selesai.  Tapiiii pulau yang berpasir putih bersih ini..punya keindahan taman bawah laut yang mempesona..Gak terlalu dalam..setengah meter sampai 3 meter udah bisa menikmati bentukan alam dan ikan berwarna warni yang tak takut pada manusia.

Under Water Gili Labak

Bersnorkeling di Gili Labak

Untuk menuju kesini , dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan laut.

Gili Labak5

Menyusuri Gili Labak

Gili Genting

Surga tersembunyi lainnya ada di Gili Genting, sekitar 30 menit menyebrang ke arah selatan Sumenep (dari pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi).  Pulaunya lebih luas dibanding Gili Labak. Salah satu destinasi wisata favorit dari Gili genting adalah Pantai 9. Disebut Pantai 9 karena gugusan pasir pantainya dilihat dari atas membentuk angka 9.

pantai-sembilan10

Pantai 9 dari udara (sumber : spotourism.id)

Di pantai ini sudah dilengkapi fasilitas homestay di tepi pantai, dan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Gak perlu snorkeling…wisatawan udah bisa menikmati surga Gili Genting. Mau keliling pulau juga oke…Tapi saya belum sempat melakukannya..hehhe sudah terlanjur betah di Pantai 9..sampai habis waktu.

pantai-sembilan3

Pantai 9

Pantai 9 sampai sekarang masih terus berbenah…berbagai fasilitas untuk pengunjung selalu ada yang baru…termasuk banana boat. Tapi saya belum coba fasilitas ini… 😉

Gili Raja

Gili Raja letaknya bersisian dengan Gili Genting. Bisa ditempuh sekitar 30 menit juga dari pelabuhan di kecamatan Bluto. Yang istimewa dari Gili Raja ini juga adalah wisata taman lautnya. Tapi memang belum ada operator wisata yang secara khusus melayani perjalanan ke pulau ini, seperti 3 Gili yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Jadi kalau mau snorkelingan ke perairan Gili Raja…harus pilih-pilih operator dulu ya… 😉

Gili Pandan 3

Bersnorkeling di perairan Gili Raja

Gili Pandan

Ini juga serpihan surga…karena luas pulaunya tak sampai 2 hektar. Tak berpenghuni pula. Hanya ada sepasang suami istri yang menjaga pulau, Pak Jakson dan istrinya.  Mereka tak tinggal permanen, hanya menempati gubuk sederhana, dan sesekali pulang ke Gili Raja rumah mereka. Pulau berpasir putih ini..bisa ditempuh sekitar 2 jam dari pelabuhan kecamatan Bluto. Tapi bisa 30 menit saja dari kecamatan Galis kabupaten Pamekasan. Menikmati sunset di pulau ini…uwowww…pantai di Bali dan Lombok…lewaaaattttt… 😉

Gili Pandan6

Gili Pandan yang Aman Damai

Rasanya pulau ini layak juga disebut pulau cinta…hahahah bukan kenapa-napa…dari udara..pulau ini bentuknya kayak simbol cinta! Lihat nih…kalo gak percaya…

tiket4

Foto Tampak Atas Gili Pandan by @LutfiSuryo07

Well…lalu bagaimana caranya kalau mau menikmati surga-surga tersembunyi di Sumenep-Madura? Gampang…serahkan urusan semuanya ke Tiket.com … Tinggal tentukan jadwal keberangkatan dan kepulangan, pilih mau berangkat dari mana.. Rute Pesawat ke Sumenep sudah tersedia lohhh mulai akhir September ini…Jadi gak perlu berlama-lama perjalanan Surabaya ke Sumenep.

tiket2

Tapi kalau mau menikmati keindahan bagian Madura lainnya, asik juga kok…pesan tiket pesawat atau kereta ke Surabaya…lalu lanjut sewa mobil ke Madura…itu lebih enak lagi…karena waktu kan lebih fleksibel 🙂 Sewa mobil pun bisa lewat Tiket.Com ..Aseli gak pake ribet … 🙂

tiket3

Kenapa Harus di Tiket.Com?

tiket1

Banyak kemudahan di Tiket.com yang bisa kamu peroleh. Selain karena tiket pesawat, hotel, event, atraksi, dan sewa mobilnya terlengkap baik domestik maupun internasional, jaminan pembayaran online nya juga aman dan mudah. Selain itu layanan pelanggannya juga 24 jam. Oya…ada Tix Point nya loo yang bikin perjalanan lebih hemat dan menguntungkan. Bisa untuk diskon di merchant tertentu,  ditukar dengan barang yang kita inginkan, atau untuk dapet potongan langsung saat bertransaksi di Tiket.com.

Waaa…tunggu apa lagi….rencanakan perjalanmu ke surga tersembunyi di Sumenep-Madura…sekarang jugaa… 🙂

Penyebab dan Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Uri-cran

Penyebab dan cara mengatasi anyang-anyangan. Wajib banget ini diketahui terutama oleh para perempuan 🙂 Karena memang 5 dari 10 perempuan pernah mengalami anyang-anyangan. Apa yang dirasakan saat terserang anyang-anyangan?Setidaknya rasa kebelet pengen pipis atau buang air kecil sangat terasa..tapi ternyata yang keluar cuma sedikit. Biasanya juga diikuti rasa nyeri pada saluran kemih.

Kalau sudah terserang anyang-anyangan pengennya cepet  sembuh ya…Tapi sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya kita tahu penyebabnya. Dengan begitu kita bisa melakukan pencegahan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? 😀 Jadi penyebab anyang-anyangan itu apa?

Anyang-anyangan bisa terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Sering menahan kencing, ada banyak alasan untuk menunda kencing padahal udah kebelet banget. Misalnya karena malas toiletnya kotor, karena memang gak ada toilet saat di perjalanan misalnya, atau alasan lainnya.
  • Kurang minum air putih
  • Banyak mengkonsumsi minuman yang memicu buang air kecil (berefek diuretik), seperti kopi, teh, alkohol, dan sejenisnya.
  • Cara membersihkan (cebok) setelah BAB yang salah. Jarak antara saluran pembuangan BAB dengan saluran kemih sangat dekat, cebok dari arah belakang akan meningkatkan resiko saluran kemih terpapar bakteri E-Coli dari feses.
  • Kehamilan, bisa juga menjadi penyebab anyang-anyangan. Karena pada saat hamil kandung kemih bagian bawah tertekan oleh rahim yang semakin membesar seiring dengan pertambahn usia janin.

Masih ada beberapa penyebab lain yang spesifik akibat adanya gangguan kesehatan lainnya, seperti diverticulitis, pembesaran prostat (pada laki-laki), hipertonisitas dasar panggul, kecemasan, dan lainnya.

Nah..kalau sudah tahu penyebabnya…maka kita akan lebih mudah kan mencegah atau mengatasinya.. Lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah atau mengatasi anyang-anyangan :

  • Kencinglah saat terasa pengen kencing..apapun kondisinya. Dan tuntaskan sampai rasa ingin kencing hilang.
  • Saat BAB , bersihkan dari arah depan ke belakang. Sehingga resiko paparan bakteri E-Coli pada saluran kemih bisa dihindari.
  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan dan pakaian dalam.
  • Menghindari atau mengurangi minuman yang berefek diuretik, imbangi dengan banyak minum air putih (hangat).

Untuk mengatasi anyang-anyangan dengan mudah, aman, dan cepat, gak perlu ribet…pakai saja Uri-cran.. 🙂  Bisa dipilih yang bentuk kapsul atau bentuk serbuk yang bisa dimunum kayak minuman berperisa itu… Etapi bukan sembarang minuman loh…bukan sembarang kapsul jugak. Karena ini isinya ekstrak buah cranberry (Vaccinuim oxycoccos) yang memang sudah terbukti bisa mengatasi anyang-anyangan. Rasa buah yang segar bikin kita gak malas untuk meminumnya 🙂  Buah cranberry tinggi kandungan antioksidannya jadi sudah sangat terkenal dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.  Peneliti di Tel Aviv University Sackler Faculty of Medicine  juga  menemukan adanya molekul  non-dialyzable material atau NDM pada buah cranberry. Molekul  inilah yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, termasuk infeksi saluran kemih yang ditandai dengan anyang-anyangan. Untuk setiap tablet Uri-cran mengandung 250 mg ekstrak cranberry, sedangkan yang sachet mengandung 375 mg ekstrak cranberry per sachet. Konsumsi 1-2 tablet  atau 1-2 sachet setiap harinya.

Semoga artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Anyang-anyangan ini bermanfaat yaa…