Ngeblog Lewat Blackberry

Hari ini saya iseng-iseng nengokin blog saya ini. Nah..saya lalu tertarik untuk mengklik link hidup ‘WordPress for Blackberry’. Enak kali ya bisa ngeblog dari Blackberry ūüėČ *kudet….kudet*.

Setelah diklik muncul banyak pilihan versi yang bisa disesuaikan dengan Blackberry yang kita punya.. Mulai Blackberry seri 10 sampai yang masih pake OS 4. Saya pilih yang OS 6 sesuai dengan versi yang bisa dicek di ‘Options’-‘About’.

Kapasitas aplikasinya tak sampai 2 MB, jadi kayaknya gak terlalu makan memori dan gak bikin lemot. Selama proses instalasi saya ‚Äčgak perlu setting terkoneksi dengan BBM atau sosmed lainnya seperti aplikasi pada umumnya. Prosesnya selesai dalam waktu beberapa menit saja, dan saya juga tidak perlu merestart BB. Langsung bisa dipakai.

Tinggal Pilih Add Blog

Tinggal Pilih Add Blog

Pilihan Menu

Pilihan Menu

Tuh..Si 'W' Sudah Siap Pakai

Tuh..Si ‘W’ Sudah Siap Pakai

Tampilan menu-menunya memang sederhana, dibuat gak ribet. biar gak males posting gitu kali ya… ūüėÄ
Saya juga tambahkan 2 gambar. Saat memilih gambar ada pilihan dari kamera atau dari library..wah klo dari kamera bisa langsung upload gitu donk ya…macam kita share di FB,Twitter,IG dll. Pertama mau pilih gambar sempat ‘lola’ alias loading lambat, tapi gambar berikutnya lancar. Cuma ketika library media di BB kita kebuka…yang muncul cuma nama file..gambarnya gak muncul. Jadi kudu inget gambarnya yang mana…atau rename dulu gambarnya. Posisi gambar pilihannya ada di top atau bottom..wehh klo di tengah tulisan gak bisa donk ya… ūüôā ya sudah..tak apalah… Tapi jreeenggg….proses upload gagal..jadi postingan ini awalnya tanpa foto. Foto saya tambahkan lewat laptop.

Kalau semuanya siap….tinggal published deh…Untuk postingan ringan yang singkat..gak perlu tambahan gambar atau media lainnya..asik-asik aja ngeblog lewat Blackberry.. ūüėČ

Note:

Inilah tampilan sebelum saya edit. Huruf alay nya gak enak ya..dibaca..:D (bukan alay sih…itu autotext yang ada di BB saya) :

Tampilan Sebelum Diedit

Tampilan Sebelum Diedit

Selamatkan Air, Selamatlah Kita

Upaya pencarian adanya kehidupan di planet lain selain bumi, seperti di Mars, sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Salah satu temuan yang menjadi acuan adalah ditemukannya kandungan air dalam contoh tanah yang diambil di Mars.

Ya..air menjadi salah satu syarat mutlak kehidupan bisa berlangsung. Tak ada air…tak ada kehidupan. Setiap makhluk hidup membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya. Hewan, tumbuhan, apalagi manusia… Jelas…Saya dan Anda butuh air untuk hidup. Tak terbayangkan bila air di muka bumi ini menjadi barang langka bahkan musnah…

Munginkah air musnah?

20 juta hektar lebih lahan di Indonesia berstatus kritis karena berbagai aktivitas manusia. Air musnah sangat mungkin bila kondisi tersebut dibiarkan saja. Untuk itu menjadi sangat penting bila lahan kritis dibenahi menjadi lahan-lahan produktif yang memberi manfaat lebih besar bagi kehidupan manusia. Bukan hanya ketersediaan air untuk kehidupan manusia, tapi lebih dari itu…penanganan lahan kritis secara terstruktur, sistematis, dan masif akan memperbaiki kualitas kehidupan manusia dari berbagai aspek.

Tumbuhan adalah salah satu elemen terpenting dalam upaya pencegahan krisis air. Penanaman pohon berkayu di lahan kritis menjadi penyelamat kehidupan. Bagaimana tidak?Setiap pohon yang ditanam bisa menghasilkan 250 galon air sepanjang usia pohon itu (Kompas). Terbayang kan berapa jumlah air yang bisa disediakan bila lahan terjaga kelestariannya? Makanya..tak perlu ragu untuk menanam pohon..dan jangan ragu melarang penebangan pohon.

Lahan Kritis

Jaga Kualitas Air

Memperbaiki kualitas lingkungan juga penting untuk meningkatkan kualitas air. Di daerah yang padat penduduk seperti di Jawa, menjaga jarak antara septic tank dengan sumur kadang diabaikan. Karena itu kualitas air bersih menjadi berkurang dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Jarak minimal antara tempat pembuangan dengan sumber air setidaknya 10 meter, bila kurang dari itu bakteri dari tempat pembuangan akan mudah mencapai sumber air sehingga mencemari air .

Pembuangan limbah rumah tangga ke sungai juga berperan besar dalam penurunan kualitas air sungai. Berbagai upaya bisa dilakukan untuk mengurangi pencemaran tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat saluran pembuangan limbah komunal yang didesain sedemikian rupa sehingga air limbah rumah tangga tidak langsung masuk ke sungai. Air limbah melalui proses pengolahan limbah secara sederhana, sehingga air yang masuk ke sungai bukan lagi air yang mengandung bahan-bahan pencemar.

Mencari sumber air bersih alternatif selain air dari tanah penting diupayakan. Mulai dari mengelola air hujan yang melimpah saat musim hujan sampai mengolah air laut menjadi air tawar yang layak minum.

BRI Kembalikan Uang Saya

Kisah ini berawal ketika pembelian token listrik sedang tidak bisa dilakukan di beberapa merchant seperti  Indomaret, Alfamart, dan penjual token lainnya. Token hanya bisa dibeli di loket PLN  (yang tidak 24 jam 7 hari bukanya), ATM BRI dan ATM Bank Mandiri. Intinya ribet lah beli token. Apalagi saya gak punya rekening Mandiri, hanya BRI dan BCA. BRI sering sekali gangguan terutama pada saat week end.

Termasuk ketika saya bertransaksi di ATM BRI Kantor Cabang¬† Sumenep pada hari Sabtu 10 Mei 2014 jam 20:09:50 (sesuai yang tercetak pada struk ATM) senilai 50.000 IDR (lima puluh ribu rupiah) saja. Selesai transaksi saya tidak cek nomer token dan tidak langsung mengisikan token. Baru besok paginya Minggu 11 Mei 2014 saya liat struk untuk isi token.Ternyata terdapat tulisan ‚ÄėTransaksi Anda sedang diproses untuk mendapatkan nomer token, Silahkan menggunakan menu cetak token dengan memasukkan nomer meter dan nomer referensi pada struk ini. Duhh pagi-pagi sekali saya harus meluncur¬† ke ATM BRI Cabang Sumenep lagi. Daaann‚Ķ3 mesin ATM meresponnya dengan ‚ÄėTransaksi Anda Gagal‚Äô.

Kegagalan transaksi tersebut saya laporkan ke Call BRI 02157987400, dicatat dengan no. referensi 200175506090, selanjutnya saya diminta menunggu kabar dari BRI dan BRI akan mengklaim PLN untuk mengembalikan dananya. Beberapa hari kemudian saya dihubungi 02157932928 atas nama Duta BRI (kalau saya tidak salah dengar waktu itu). Tapi telpon putus-putus..dan akhirnya putus beneran. Dan tidak ada telpon lagi sampai hampir seminggu.

Saya kemudian mencoba menanyakan ke CS di BRI cabang Sumenep. Setelah saya jelaskan kepada CS, CS menyarankan saya bertanya pada Call Center..hehehe..saya pikir dengan menemui CS lebih mudah dan jelas ternyata tidak… Saya nyaris putus asa… Kemudian saya disarankan untuk menemui Supervisor CS atau  Layanan Kantor Cabang Sumenep. Akhirnya saya temui Supervisor Layanan BRI Kantor Cabang Sumenep. Dari pengecekan pihak BRI, diketahui tidak ada transaksi di rekening saya pada tanggal 10 Mei 2014 jam 20:09:50. Nahlo..padahal struknya keluar dan saldo saya berkurang. Pada catatan BRI tertulis transaksi terjadi pada hari Minggu 11 Mei 2014 siang (jamnya saya tidak lihat). Setelah dibuatkan laporan pada tanggal 16 Mei 2014. Saya diminta untuk menunggu dan cek lagi sampai 4 hari kerja. Okelah..

Tanggal 23 Mei 2014 (5 hari kerja setelah laporan dibuat)saya menghubungi Supervisor Layanan dan mendapat jawaban masih dicek. Okelah…Karena  sampai tanggal 26 Mei 2014 saya belum dapat kabar apa-apa, saya coba hubungi lagi Supervisor Layanan tersebut, tidak ada respon. Okelah..Pihak BRI lainnya juga tidak ada yang bisa memberikan jawaban apa sebenarnya yang terjadi dengan transaksi tanggal 10 Mei tersebut dan bagaimana nasib 50.000 IDR yang katanya akan dikembalikan. Ya..saya sudah berniat mengiklaskan sajalah…cuma 50.000 ini… Tapi di sisi lain saya pengen mencoba sejauh mana hasil proses komplain seperti ini. Berakhir tanpa kejelasan atau sebaliknya?

Setelah menunggu dengan sabar, awal Juni akhirnya saya mendapat SMS bahwa aduan saya sudah diselesaikan dan uang 50.000 akan ditransfer ke rekening BRI saya. Alhamdulillah senangnya…Ternyata ada hasilnya mondar mandir ke Kantor Cabang BRI. Meskipun uang yang terpotong baru ditransfer sekitar 2 hari setelah saya menerima SMS dari BRI tersebut, saya lega..Lumayan kan 50.000 buat naik odong-odong Nares dan Kinar…hehehe. Trims ya BRI.

Saya Gak Suka Bola..Jebreeetttt !!!!

Juara Piala AFF 2013 (www.beritajatim.com)

Juara Piala AFF 2013 (www.beritajatim.com)

Jebreeeetttttt….!!!!! Indonesia menang lagi…..

Istilah itu sedang ‚Äėin‚Äô ya? Gara-gara tim U-19 yang begitu memukau permainannya. Semua mengakui permainan mereka BAGUS! TOP! BERKELAS! APIK! SERU! BUKAN TIM ECEK-ECEK! Penilaian itu sangat pantas diberikan kepada tim yang berada dibawah asuhan pelatih asal Sumatera barat, Indra Sjafri. 2 momen kemenangan prestis Tim Garuda Muda berhasil menjadi oase dan pelipur lara bagi bangsa yang sedang dirundung duka akibat korupsi.

Saya sendiri bukan  penggemar bola. Apalagi melihat tingkah laku pemain-pemain Timnas U-23 dan pemain naturalisasi yang memuakkan. Tapi ajang Piala AFF membuat telinga saya sedikit menyimak jalannya pertandingan. Karena hampir setiap malam mama-papa menonton permainan Tim U-19 dengan penuh semangat dan teriakan-teriakan khas penonton bola.. Bahwa akhirnya Indonesia sukses menundukkan Thailand 7-1 lewat adu penalti, lebih banyak saya ketahui esoknya lewat media-media online. Karena malam saat pertandingan berlangsung saya sedang menina bobokkan Nares dan Kinar. Hehe..kalo sudah nina bobo begitu..sudah ketahuan ujung-ujungnya…ikut bablasss….

Kenapa saya tidak terlalu suka bola? Entahlah…ikut capek aja ngeliat pemainnya lari sana lari sini..Rasanya kalo saya nonton, pasti tim Indonesia kalah. Tapi kemenangan Tim Garuda Muda di ajang AFF membuat saya pengen juga sesekali ngintip permainan yahud mereka di pertandingan penentu melawan Korea Selatan. Dari sore saya sudah geleng-geleng kepala…Gila…Indonesia melawan Korea untuk berebut tiket Final Piala Asia…Sempat takut nonton juga sih. Takut kalah.

Akhirnya pada jam pertandingan dimulai, mama yang memindah chanel, jadilah kami berdua nonton. Papa kebetulan  ada tamu jadi tak bisa melihat permainan ciamik tim yang dikomandani gelandang Persebaya 1927, Evan Dimas Darmono. Ahh…anak muda ini…semoga bersinar terus ..tak tergoda oleh artis-artis yang lagi tren memacari pemain bola, tak tergiur jadi bintang iklan, apalagi sampe terjun ke politik… Raih cita-citamu berjaya sampai di Barcelona anak muda….Buatlah bangsamu ini bangga memilikimu. Kembali ke lapangan rumput….tak salah…permainan tim U-19 memang keren..sangat berbeda jauh dengan permainan kakak tingkatnya yang pernah saya lihat sekilas. Permainan mereka akurat, trengginas (gak manja dan gak kebanyakan gaya) dan rajin menciptakan peluang gol.

Gol pertama yang dibuat Evan, berhasil membuat saya kagum. Permainan mereka sudah keliatan banget bagusnya. Sayangnya lalu berhasil ‚Äėdibalas‚Äô gol hadiah dari wasit asal Malaysia, Mohammad Amirul Izwan bin Yacoob. Gol hadiah penalti sukses membuat Korea menyamai kedudukan 1-1.

Saya dan mama melihat begitu derasnya hujan di GBK..dan lama-lama lapangan semakin banyak genangan air, bola pun seperti tak bisa bergerak bebas. Tendangan-tendangan kuat para pemain hanya bisa menggerakkan bola beberapa puluh senti saja. Akhirnya pertandingan di stop sementara. Haahhh..lumayan deg-degannya reda dulu nih..

Mama kemudian memindahkan chanel dan tertarik untuk melihat ajang pencarian bakat X-Factor Amrik. Sekitar setengah jam an nonton, mama mencoba menengok ke GBK lagi..ahayyyy…pertandingan sudah mulai lagi…Hayu lah…deg-deg an lagi.

Etapi…anak-anak udah waktunya bobo…hehe. Jadilah saya hanya bisa mendengarkan momen-momen cetak gol anak muda asal Surabaya itu dari balik tembok kamar anak-anak. Tak apalah…lebih tenang begitu hihihi…Dan yang pasti…3 Gol Evan sukses ..sesukses suksesnya mengalahkan juara bertahan 12 Piala Asia..Korea Selatan…Ohhh My God….ini bukan prestasi setengah-setengah…buka prestasi musiman…ini adalah prestasi perjuangan yang luar biasa. Dan para Garuda Muda merayakannya dengan sujud syukur…Subhanallah….

Pagi harinya saya ngobrol dengan Papa dan Mama tentang permainan Timnas U-19 semalam. Kami sama-sama salut dengan tim ini. Bukan hanya pada Evan Dimas yang sempat merasakan berlatih sepak bola di markas Barcelona dalam ajang The Chance yang diadakan Nike 2012 lalu. Masih ada Maldini Pali pemain sayap kanan asal Mamuju Sulawesi Barat yang bagian dari tim Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Uruguay, dan pernah belajar di Leicester City Inggris. Pemain yang juga tergabung dalam tim SAD ¬†antara lain Mahdi Fahri Albar, Hansamu Yama, Dinan Yahdian. Bintang lainnya adalah Paulo Oktavianus Sitanggang, gelandang dari tanah batak yang bergabung dengan Jember United, pernah terpilih sebagai salah satu pemain muda yang akan berlatih di Milan Italia. Meski batal berangkat ¬†karena cidera, di Timnas U-19 Paulo telah membuktikan bakatnya yang luar biasa. Beruntung ya pelatih Timnas U-19 menemukan bakat-bakat brilian dari negeri sendiri, gak perlu repot-repot naturalisasi…Catat‚ĶTimnas ini tanpa pemain naturalisasi‚Ķ Saya dan papa juga sepakat menilai permainan timnas pantang menyerah, sangat solid, tidak mengedepankan ego dan mau menonjol sendiri. Karena itu kemenangan timnas dalam Piala AFF dan melawan Korea Selatan benar-benar kemenangan tim Indonesia.

Yes we proud of you …Semoga kesuksesan terus bersama Garuda Muda. Semoga manajemen tim juga bertahan menjaga tim emas ini dari godaan bintang iklan, pacaran ama artis, apalagi panggung politik….I Love You Full U-19.

Kenalan Sama Si Bleo Yuk..

Jl. Kamboja 12 Sumenep Madura

My Home

Selamat datang di rumah saya‚Ķeh rumah ortu saya ūüôā di Jalan Kamboja 12 Sumenep Madura.

Rumah saya ini ada diantara pohon-pohon besar yang umurnya relatif tua, rata-rata diatas 5 tahun. Karena banyak tanaman inilah lingkungan rumah ini disebut Taman Hutan Kota ūüėÄ Selain pohon-pohon tua dan besar, banyak juga tanaman semak dan merambat yang dibiarkan tumbuh. Beberapa tanaman besar yang bisa ditemui di sekitar sini antara lain :

MANGGA, ada berbagai jenis mangga yang tumbuh dengan baik, seperti mangga manalagi, gadung, golek, madu, arum manis, dan mangga lainnya yang berbentuk kecil tapi masih layak untuk dimakan. Beberapa pohon mangga usianya sudah lebih dari 30 tahun tapi masih rajin berbuah. Buah mangga hasil panen tidak pernah dijual‚Ķcukup untuk dinikmati bersama tetangga dan keluarga yang di sekitar Sumenep maupun yang tinggal di luar Madura. Ya..buah-buah mangga ini setiap tahun dikirim ke saudara-saudara yang tinggal di Bekasi, Jogja, Jakarta, Denpasar, dan Lombok. Katanya ‚Ķ dan saya sendiri mengakui..rasa buah mangga dari lahan disini memang lebih enak.. ūüėČ

NANGKA, ada 3 jenis utama nangka yang tumbuh dan bisa dinikmati buahnya. Nangka Bunyo (nangka yang bila masak dagingnya lembek, daging tipis, rasa manis, biji besar), Nangka Salak (nangka yang bila masak buahnya tetap padat, manis, dan berdaging tebal, biji sedang), Nangka Durian (nangka yang bila masak buahnya lembek, rasa manis, daging tebal, biji kecil). Dari ketiga jenis nangka ini, nangka durianlah yang paling lebat buahnya. Mulai dari pangkal pohon sampai ujung pohon penuh dengan buah yang bergerombol.

KELAPA (Cocos nucifera), belasan pohon kelapa sempat tumbuh dan memberikan hasil yang melimpah. Namun 2-3 tahun belakangan, tanaman-tanaman kelapa ini diserang hama kwangwung atau sejenis kumbang yang suka makan pucuk pohon kelapa sampai akhirnya pohon kelapa di sekeliling lahan rumah ini mati dan tak satupun pohon tersisa.

GAYAM (Inocarphus fagiferus), ada sekitar 3-4 pohon gayam muda yang tumbuh menyebar. Tanaman ini bisa berbuah setelah berusia 5 tahun. Buahnya berbentuk bulat pipih, berwarna hijau dan setelah tua menjadi kuning. Buah gayam yang disebut juga Tahitian Chestnut atau Polynesian Chestnut ini harus dikupas bagian daging dan batoknya, barulah isi buahnya bisa diolah (direbus atau digoreng menjadi keripik).

NYAMPLUNG (Callophyllum inaphyllum L.), tanaman ini belum dimanfaatkan secara khusus selain sebagai tanaman pelindung saja. Padahal tanaman ini bermanfaat sebagai bahan baku biodiesel.Tanaman yang tumbuh berusia lebih dari 10 tahun dan tingginya 10 meter lebih ini sangat mudah tumbuh. Dari bijinya yang rontok atau dibawa jatuh setelah dimakan kelelawar bisa tumbuh. Suatu ketika tanaman Nyamplung yang berusia lebih dari 10 tahun dan berperan sebagai pelindung dari angin kencang ditawar hampir 2 juta untuk setiap pohon. Siapakah yang menawar?Pengusaha pembuat perahu. Menurutnya kayu nyamplung sangat baik untuk bahan baku perahu. Sayangnya ayah saya tidak bersedia melepaskan pohon nyamplung yang berbuah sepanjang tahun ini.

gayam-crop

Tanaman buah dan hias lainnya masih banyak tumbuh bertebaran dan gak mungkin saya sebutkan satu per satu..Banyaaaakkk.. ūüôā masih ada pohon duku, kelengkeng, ceremai, pepaya, pisang, jambu, kedondong, puluhan adenium aneka warna, berbagai jenis sansiviera, anggrek, aneka jenis palem, sirih, kelor, aneka jenis bambu, puluhan pandan wangi, turi, kenanga, kantil, delima, mengkudu, kenitu, sampai mawar dan melatipun ada. Saat sedang musim berbunga atau berbuah..wahhh menyenangkan sekali memiliki tanaman-tanaman itu. Tapi kalau sedang musim ulat..hehehe‚Ķ

Suatu hari…pagi-pagi sekali di halaman belakang rumah, saya terpesona pada tanaman yang sedang berbunga. Bunganya berwarna orens, tampak kontras dengan warna daunnya yang hijau tua mengkilat. Seperti mawar, tapi saya pastikan itu bukan mawar. Buru-buru saya ambil handphone untuk memotretnya dari berbagai sisi.

Dari sekian banyak tanaman yang ada di sekitar rumah saya, rasanya inilah tanaman yang belum saya tahu namanya sementara bunganya sangat mempesona. Saya pun bertanya pada ayah, tanaman apakah itu gerangan..Ayah saya juga tak tahu pasti namanya apa,‚ÄĚMawar gurun apa mawar Afrika gitu namanya..‚ÄĚ. Ternyata ayah saya mendapat tanaman itu dari temannya dan memang masih belum dirawat khusus seperti tanaman lainnya yang dipindah di pot yang lebih baik. Tanaman dalam pot botol bekas air mineral itu beberapa bulan terakhir memang kulihat tidak terawat dan potnya dibiarkan terguling. Meski tidak terawat, hanya kebagian disiram saja setiap hari, tanaman satu ini tampak tetap subur dan sehat-sehat saja sampai berbunga. Saya yakin tanaman ini bukan gulma, karena setiap tanaman yang ada di rumah orang tua saya ini adalah tanaman spesial ūüėČ

Karena pesonanya, saya jadikan foto-foto tanaman ini sebagai display picture di BlackBerry Masenger. Tiba-tiba ada kerabat yang meresponnya dengan menyebutkan tanaman itu sebagai obat kanker.. Waw.. kemudian dia membandingkan dengan tanaman yang juga ditanaman sodaranya dan berhasil menyelamatkan sodaranya itu dari penyebaran kanker. Dia juga menceritakan tanaman yang mudah diperbanyak secara vegetatif itu, cukup dengan menanam batangnya begitu saja bisa tumbuh, diperoleh dari Singapura karena mencari kesana kemari di Surabaya dan daerah lainnya tak ada hasil.

Sayangnya lagi-lagi…kerabat saya tak tahu pasti namanya apa…Nah loh…

Saya yang masih penasaran akhirnya mencari di mesin pencari Google Images. Berbagai keyword saya gunakan untuk menemukan jawaban yang sesuai. Mulai dari Mawar Gurun, Mawar Afrika, Orange Flower, Orange Rose, Orange Flower.. orange flower desert plants, orange rose desert plants, orange rose cactus. Akhirnya saya menemukan kemiripian gambar, dan tanaman itu bernama Pereskia bleo.

Pereskia

Pereskia bleo :

Kingdom : Plantae

Phylum : Tracheophyta

Class : magnoliopsida

Order : Caryophyllales

Family : Cactaceae

Tanaman ini ditemukan pertama kali di Panama, Colombia. Kemudian menyebar dan disebutkan tumbuh banyak di Asia, seperti di Korea, Singapura, dan Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh menjulang ke atas sampai 2 meter, tapi bisa juga hanya tumbuh seperti semak-semak dengan ketinggian sekitar 50 cm saja. Duri yang muncul di bagian ketiak daun mencirikan tanaman ini termasuk dalam famili kaktus. Daunnya berwarna hijau tua, tebal, kaku, dan permukaannya mengkilat. Tanaman ini bisa tumbuh dari mulai dataran rendah sampai dataran tinggi (1300 mdpl). Batang tanaman ini berwarna coklat terang atau kehijauan dengan diameter sekitar 1 cm.

Dalam IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resource) Red List (versi 3.1 ), Pereskia bleo termasuk Least Concern. Kategori ini diberikan pada spesies yang telah dievaluasi tapi tidak masuk ke dalam kategori manapun. Kategori lain yang dibuat oleh IUCN diantaranya Extinct (punah), Extinct in the Wild (punah di alam liar), Critically Endangered (kritis), Endangered (terancam), Vulnerable (rentan), Near Threatened (hampir terancam), Least Concern (berisiko rendah), Data Deficient (informasi kurang), dan Not Evaluated (belum dievaluasi).

Nama lain tanaman ini Rose Cactus, Wax Rose, Cactus Bleo, dan di Malaysia dikenal sebagai Pokok Jarum Tujuh Bilah atau Pokok Jarum Tujuh Bintang. Tanaman yang mirip dengan Bleo ini adalah Pereskia grandifolia, Pereskia aculeata. Nah..di Malaysia dan Singapura tanaman ini dikenal sebagai obat kanker, terutama kanker ovarium dan payudara. Hasil penelitian yang dilakukan di Malaysia  bisa dilihat dalam dokumen yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmachology (2005) dan Jurnal Molecules (2009).

Bagian apanya yang dipakai? Salah seorang survivor kanker ovarium di Surabaya menceritakan, dirinya menggunakan bagian daun sebagai obat pencegah penyebaran kanker. Dalam sehari ia mengkonsumsi 7 helai daun Bleo sebagai lalapan mentah. Rasanya seperti apa? Getir dan berlendir, khas tanaman kaktus.

Wah..sejak mengetahui manfaat tanaman ini, langsung saya memindahkannya ke tempat yang lebih layak..hehehe. Karena si Bleo ini berduri maka tanaman ini bisa ditanam sebagai tanaman pagar. Oya, bunga Bleo yang berwarna orange hanya mekar pada pagi sampai sore hari..setelah itu bunga akan kuncup dan dalam beberapa hari mahkota bunganya rontok dan tinggal buahnya saja yang ternyata juga mudah sekali rontok.

**

Serasa berjalan di hutan...

Serasa berjalan di hutan…

Nah‚Ķkarena banyak tanaman yang tumbuh di sekitar rumah saya ini‚Ķketika musim kemarau masih terasa teduh ditambah angin semilir dari sela-sela dedaunan.. Sepanjang hari apalagi pagi..burung-burung ramai berkicau..Air bersih nan jernih dari dalam tanah mengalir sepanjang tahun. Nikmat apalagi yang kau bantah‚Ķ?? *Ayo..Tanam Pohon…*

garin