Pesona Wisata Bahari di Madura

 

Berwisata menikmati pesona alam Indonesia bisa dilakukan di banyak tempat. Perjalanan kali ini saya lakukan gak jauh dari tempat saya tinggal. Ya..saya beruntung tinggal di daerah yang begitu banyak tersedia pantai dan wisata bahari. Tinggal pilih mau kemana..dan memang gak perlu terlalu ribet persiapannya. Paling hanya baju ganti, alat mandi, snack dan minuman untuk bekal.

Gemana sih pantai-pantai di Madura? Hmmm…cantik dan unik juga lah… Ada 3 pantai yang sudah cukup dikenal di masyarakat lokal (setidaknya) yang letaknya di sisi utara kabupaten Sumenep.  Wisatawan bisa mengunjungi 3 pantai ini dalam sehari karena letaknya sejalur meski tak beredekatan. Marilah kita mulai menyusurinya satu persatu.

Pantai Slopeng. Ini adalah pantai yang sudah dikenal sejak puluhan  tahun silam. Pantainya berpasir putih bersih berhias pohon nyiur yang melambai-lambai dan pohon siwalan. Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah pasir-pasir pantainya membentuk gunungan dengan ketinggian bervariasi, mulai 2 meter sampai lebih dari 5 meter.

Pantai ini terletak di pinggir jalan utama pantura Madura. Fasilitasnya juga relatif lengkap, mulai dari areal parkir, taman bermain, gazebo, panggung hiburan, tempat bilas, dan penjual makanan.

pantai slopeng1

Pantai Slopeng (dok.pribadi)

 

pantai slopeng2

Pantai Slopeng (dok.pribadi)

Pantai Badur. Kalau dari pantai Slopeng , untuk menuju ke Pantai Badur ini kita harus bergerak ke arah timur sekitar 30 km. Pantai ini juga tak jauh dari jalan utama Jl. Raya Batu Putih – Batang-batang.  Sesampai di Desa Badur, ada akses jalan paving ke pantai selebar 3 meteran.  Kendaraan bisa diparkir di pinggir jalan desa terebut atau dibawa masuk ke area pantai. Iyessss…mobilnya bisa masuk ke pantai yang landai dan luas banget.

Karena termasuk pantai yang baru dikenal masyarakat, pantai ini belum memiliki fasilitas seperti Pantai Slopeng dan Lombang.  Tempat parkir khusus memang belum tersedia, begitu juga fasilitas seperti tempat bilas dan penjual makanan belum banyak tersedia.

Yang khas dari pantai ini adalah 2 sungai air tawar yang mengalir deras di 2 sisi pantai. Perpaduan yang unik antara sungai, muara, dan lautan. Karena air tawar yang melimpah itulah..disekitar pantai juga terdapat petak-petak sawah yang  ditanami padi oleh petani sekitar pantai.

Pantai Badur

Pantai Badur (dok.pribadi)

 

Pantai Badur

Pantai Badur (dok.pribadi)

Pantai Lombang, ini adalah pantai yang paling populer di kalangan masyarakat. Pantai yang terletak di kecamatan Batang-batang ini mempunyai ciri khas pasir yang putih dan pohon cemara udang yang berjejer di sepanjang pantai. Berbagai fasilitas juga sudah cukup lengkap tersedia, seperti areal parkir, gazebo, tempat bilas, area bermain, panggung hiburan, dan penjual makanan-minuman.

Lombang1

Pantai Lombang

 

Lombang8

Pantai Lombang

Bagaimana untuk menuju ke  pantai-pantai itu? Karena belum ada transportasi umum yang bisa mengaksesnya, maka kendaraan pribadi adalah pilihan paling tepat, entah itu sepeda motor atau mobil..mau bawa truk atau bis juga boleh 🙂

Pulau Gili Labak, nah..ini nih..yang juga menjadi primadona wisata di Madura. Pulaunya bersih, penduduknya ramah. Di perairan sekitar pulau ini kita bisa bersnorkling. Iyaaa…di Madura ada tempat buat snorklingan!!! Hehe menurut teman-teman yang sudah pernah kesana, cukup layak untuk dikunjungi, begitupun menurut saya. Untuk menuju kesini kita harus menempuh perjalanan laut sekitar 2 jam dari pelabuhan Kalianget Sumenep. Waktu snorklingan yang pas diatas jam 9 pagi sampai menjelang jam 3 sore. Bagusnya sih ke pulau ini ya diluar musim ombak, yaitu sekitar bulan Maret-Juli atau September-November. Ketika saya melakukan perjalanan di bulan Agustus, ombaknya lumayan besar…meskipun masih cukup aman untuk dilalui. Spot-spot snorkling yang biasanya keliatan jelas…juga berkurang  kejernihannya. Tapi meski begitu Pulau Gili Labak ini tetap menarik untuk dinikmati.

Gili Labak5

Pulau Gili Labak

Under Water Gili Labak

Bersnorkling di Gili Labak

 

Hmmm…sesekali pengen juga bersnorkling di tempat lain, seperti di Derawan atau di Labuan Bajo NTT. Karena saya belum pernah ke dua tempat itu. Tau kan…kedua tempat itu punya daya tarik wisata bawah air yang luar biasa. Mudah-mudahan ya….ada rejeki dari Airpaz 😉

Labuan Bajo

Labuan Bajo (sumber : lepirate.com)

 

wp_ss_20160825_0019

jadi dapet tiket pesawat gratis untuk ke 2 tempat itu…atau salah satunya deh…  Pengennya sih bisa pake maskapai Nam Air ..kebetulan belum pernah nyobain 😉  Wah…bakal jadi momen unforgetable pastinya… doakan semoga terwujud ya…

 

CeritaAirpaz

Masukkan keterangan

 

Advertisements

18 thoughts on “Pesona Wisata Bahari di Madura

  1. Wah cantik banget ini mbak. View laboan bajonya itu bikin mendem. Sewaktu saya ke Madura itu spontan banget, nggak tau mau kemana, pokoknya susuri aja jalan terus balik pulang.

  2. Pingback: Penghijauan di Pantai Sembilan Giligenting | dianesuryaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s