Belajar Jadi Blogger Berbasis Good News

Masih belum hilang kan dari ingatan kita tentang ungkapan Good News is Bad News? Ungkapan tersebut dulu sangat populer di kalangan awak media dan pengamat media. Sebuah berita dikatakan bagus kalau yang diangkat adalah sisi jelek dari berita itu.

Bagaimana dengan sekarang? Apakah Good news is a bad news masih dipakai? Apakah blogger yang juga berperan penting dalam menyampaikan pesan atau informasi juga menganutnya?Hmmm….kalo dari pandangan saya sih…masih ada kok yang menganut paham good news is bad news. Tapi memang lebih banyak yang sudah meninggalkannya, setidaknya orang-orang di sekitar saya..

Menuliskan kabar baik adalah pilihan. Karena kabar buruk atau bad news pasti ada dan memang menggelitik untuk diulas. Ulasan yang baik dari hal buruk itulah yang menurut saya gampang-gampang susah untuk dilakukan. Beberapa hal yang mempengaruhi untuk tidak bisa menghindar dari tulisan negativ diantaranya : emosional saat membaca sebuat berita atau postingan blog, lagi capek saat membaca sehingga sulit berpikir obyektif, dsb.

Nah…mau tau caranya biar bisa selalu membuat tulisan yang positiv…sukur-sukur bisa menginspirasi pembaca? Hmmm…ini beberapa hal penting yang menurut saya perlu diperhatikan atau dilakukan :

  • Anti baper, artinya gak perlu baper setiap membaca hal-hal yang menjadi sumber kita menulis.
  • Bersikap positiv, maksudnya ya sikapi setiap bacaan dengan positiv. Kalopun yang ditulis itu sangat negativ …ya gak perlu terpengaruh kan? Kalau saya sih saya lewati aja postingan yang auranya negatif 😀
  • Menulis dengan tenang, menulislah saat suasana hati sedang happy atau setidaknya tidak dalam kondisi emosional..Kalau lagi emosi..mending jalan-jalan atau tidur 😀
  • Posisikan kita sebagai pembaca, jadi kita bisa membayangkan respon pembaca setelah membaca tulisan kita.

Sebagai blogger daerah terpencil (hehehe terpencil niye…), saya memang tidak punya pilihan lain untuk tidak menulis apa yang ada. Undangan ini itu yang umum diterima blogger di kota-kota besar..sangat mustahil bisa saya dapatkan. Ya kecuali saya niat bangeeeetttttt menempuh perjalanan beberapa jam dulu 😀 Tapi bukan berarti itu halangan untuk menulis untuk postingan di blog kan? Banyak hal tentang daerah saya yang bisa saya ekspose baik lewat blog atau lewat media sosial lainnya. Seperti tempat wisata, kuliner, budaya, nahh..itu saja sudah antri aja di draft… Hahaha iya nge draft aja gak posting-posting… Sabaarrr nanti juga saya posting… 😀  *umbar janji*. Ya intinya…lokasi bukan halangan. Kalo koneksi internet bisa jadi halangan…hahaha.

Saya beruntung bergabung dengan beberapa komunitas blogger, yang anggotanya dari berbagai pelosok Nusantara. Bukan cuma dari kota besar….tapi juga blogger-blogger dari daerah terpencil yang bahkan aksesnya mungkin lebih sulit dari daerah saya.

Salah satunya adalah KOPI. Hmmm…langsung kebayang aroma yang menghilangkan kantuk… 😉 KOPI atau Koalisi Online Pesona Indonesia ini isinya jurnalis dan blogger. Saya sendiri awalnya tertarik bergabung karena ‘Pesona Indonesia’ nya…Ya…Pesona Indonesia yang tidak ternilai dan tidak kita temui di belahan bumi manapun…(eh ini benaran loh…nggak lebay hehe). KOPI dideklarasikan di Jakarta 26 November 2015. Mau tau isi deklarasinya? Ada 3 poin, yaitu :

  1. Peduli Merah Putih dengan turut serta berperan aktif menginformasikan dunia pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion, dan kuliner Indonesia yang berbasis good news.
  2. Mengedepankan Informasi positif mengenai pesona indonesia untuk dunia.
  3. Berupaya menjadi saksi pertama kreativitas anak negeri dan akan mengapresiasinya dalam bentuk tulisan persembahan untuk bangsa dan dunia.

IMG-20160626-WA0003

Hmm…saya bangettttt itu… 😀 😀  Oiya…sejak gabung dengan KOPI saya juga jadi update film-film Indonesia…Yaaaaa meskipun di daerah saya ini gak ada bioskop buat nonton film-film itu…yang penting saya tau bahwa film Indonesia tidak hanya berhenti sampai di Tjoet Njak Dien saja… 😀 Semakin banyak film Indonesia berkualitas dan bukan melulu film horor lucu yang dari judulnya saja sudah terbayang isinya 🙂

Semoga KOPI benar-benar bisa mencapai apa yang dideklarasikan dan bermanfaat bagi Indonesia…

4 thoughts on “Belajar Jadi Blogger Berbasis Good News

  1. Belakangan ini, saya banyak membaca postingan teman-teman tentang KOPI ini. Niatnya sih, pengen bergabung juga. Karena saya juga blogger daerah, yang hanya bisa nelen ludah ngeliat teman-teman di kota besar yang bisa menghadiri acara ini-itu..he..he..he

Leave a Reply

