Pegadaian, Solusi Kini dan Masa Depan

Sudahkah Anda bersahabat dengan Pegadaian?Saya sudah … 😀 Kok bisa? Ya bisa lah… Udah banyak loh yang jadi sahabat Pegadaian… 😀 Salah satu alasan bersahabat dengan Pegadaian adalah karena Pegadaian bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah. Masalah apa yang bisa diselesaikan oleh Pegadaian?Yang paling favorit adalah masalah keuangan hehehe.

Hmmm…tadinya saya gak pernah melirik Pegadaian untuk menyelesaikan masalah keuangan…alias butuh uang cepat. Ya malu…ya sungkan…ya males nanya-nanya…hahaha..banyak lah alasannya. Tapi gara-gara ada teman saya, saya jadi gak malu atau sungkan lagi ke Pegadaian.

Lah emang teman saya ngapain? Teman saya itu pengusaha besar…di sebuah grup chat curhat tentang kebutuhannya membayar gaji karyawan menjelang lebaran. Sementara dana dari orderan ke perusahaannya belum cair-cair. Nah …teman saya langsung deh bercerita kalo mau ke Pegadaian untuk ‘menyekolahkan’ perhiasannya. Selesai…uang untuk gaji karyawan langsung didapatnya seketika itu juga. Kalau jual perhiasan sayang…kalau ‘disekolahkan’ kan masih tetap miliknya… Perhiasan itu diambilnya lagi setelah dana orderan cair.

Nah…pengusaha yang sebesar itu aja gak malu atau sungkan…(hahaha kalo dipikir-pikir ya ngapain juga malu ya…). Akhirnya saya jadi ikut-ikutan deh…kebetulan lagi BU (Butuh Uang) untuk bayar sekolah anak-anak. Waw banget…amazing…pengurusannya emang cepet banget. Cuma isi formulir ama nunjukin KTP…lalu menyerahkan barang yang akan ‘disekolahkan’ atau digadaikan 😀 Barang tersebut (bisa perhiasan, bisa barang berharga lainnya seperti surat tanah, BPKB, bahkan HP dan laptop pun bisa) ditaksir nilainya oleh petugas.. Setelah diberitahu nilainya…setuju..udah deh..uang cash di tangan.

Pegadaian 3

Surat Bukti Kredit

Yes…semudah itu.. Gak pake ribet survey ini itu…tunggu ACC ini itu.. Prosesnya paling 15 menitan.. Nah setelah selesai bertransaksi kita kita akan mendapatkan Surat Bukti Kredit dan Nota Transaksi. Selain data transaksi di surat itu juga tertulis tanggal jatuh tempo. Nah…jatuh tempo itu adalah tenggat waktu pengembalian dana kita. Kalau belum ada dananya, bisa diperpanjang kreditnya sebelum jatuh tempo. Biaya perpanjangan tergantung dengan nilai barang yang kita jaminkan.

Setelah pengalaman bertransaksi dengan Pegadaian untuk urusan kredit begitu, saya jadi berpikir…enak juga ya punya perhiasan…punya simpanan emas…Meski saya gak suka pake perhiasan, ya…bolehlah kalau ada dana lebih beli perhiasan… Ya untuk disimpen aja gituh…hehehe. Tapi emang beli perhiasan emas begitu rasanya kok susah juga ya. Harus punya uang banyak dulu…baru bisa beli perhiasan emas..atau bahkan logam mulia. La kalo punyanya uang dikit..dikit..gitu?Apa mungkin bisa punya emas?

Saya pernah dapet cerita cara investasi emas… Caranya konvensional dan tradisional banget. Punya uang…belilah anting bayi. Iyaaaa anting bayi yang kecil mungil itu… Nah.. begitu seterusnya sampe terkumpul beberapa anting bayi. Kalau sudah banyak..yaaaa sekitar 10 gram gitu kalau ditotal..tukarkan dengan perhiasan yang senilai. Wahhh boleh juga tuhh…

Tapi cara itu belum saya terapkan. Hehehe…ya kan harus kumpulin duit dulu atuh untuk beli anting bayi…belum lagi kalau perhiasannya ilang…duhhh resiko juga kan..

Lalu dalam sebuah komunitas ibu tunggal, ndilalah…ada yang share dengan sangat detail tentang investasi emas. Ya lewat Pegadaian. Waaahhhh ini….Nama programnya Tabungan Emas. Dari sekian banyak penjelasan…yang saya tangkap adalah bisa nabung emas dengan uang 5 ribu rupiah. Nahlooo…kalo nabung segitu mah insyaallah kejangkau banget ya…

Saya sempatkan ke Pegadaian terdekat di kota saya untuk menanyak tentang tabungan ini. Tapi ohh tapi…Petugas Pegadaian di tempat saya ini  bilang kalau belum siap buku dan perangkat lainnya. Baru bisa sebulanan lagi lah.. Hmmmm… ya sudah…akhirnya tertunda untuk bisa menabung emas.

Nah..saat saya ikut Roadblog10Cities yang diadakan Excite Indonesia bekerjasama dengan Blogger Plat M di Bangkalan, ada Pegadaian yang jadi nara sumber dan buka lapak untuk buka rekening tabungan emas. Woiiillaaaa…bener-bener kayak pucuk dicinta ulam tiba dah… Etapi ternyata saya belum beruntung buka rekening pas acara itu. Tertunda lagi…. 😀

Akhirnya saya bisa buka rekening tabungan gak lama setelah ikutan Roadblog 10 Cities. Saya buka rekening di Pegadaian tempat saya biasa ‘menyekolahkan’ perhiasan. Prosesnya juga mudah dan cepat.. Alhamdulillah…. Bismillah…. Sebagai orang yang agak susah nabung…saya berharap ini bisa jadi salah satu cara saya menabung karena cukup dengan 5 ribu rupiah udah bisa disetor tuh.. Dan memang harus konsisten ya… 😀

Pegadaian1

Buku Tabungan Emas

Kenapa emas gituh? Alternatif pilihan investasi memang banyak dan ada resikonya masing-masing. Saya sampai sekarang memang masih percaya dengan investasi emas, karena emas adalah sumberdaya yang tidak dapat diperbarui. Tentu saja ini berpengaruh pada harga yang cenderung terus meningkat karena keberadaannya semakin lama semakin terbatas kan? Itu saja alasan yang menurut saya paling sederhana. Alasan lainnya sih…ya…gampang dijualnya. Beda dengan kalau kita investasi properti kan? 😀 Mau emas batangan atau emas perhiasan menurut saya sama berharganya.

Kalau sudah ada cara menabung emas yang sudah sedemikian mudahnya..masa iya masih mikir-mikir untuk menabung emas?Ayo nabung emas…. 🙂

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Pegadaian, Solusi Kini dan Masa Depan

  1. Pingback: Pengalaman Menjenguk ke Rutan | dianesuryaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s