Jelajah Ujung Barat Indonesia : Banda Aceh – Sabang

JELAJAH ACEH

Persis seperti yang saya duga, membaca buku karya emak cantik Muna Sungkar “Jelajah Ujung Barat Indonesia Banda Aceh Sabang” pasti akan muncul rasa rindu yang entah sampai kapan bakal terobati. Uhukk..masa sih sampe segitunyaaa…? Iya loh..karena kebetulan saya pernah ke Aceh dan beberapa tempat yang diceritakan disitu pernah saya kunjungi (kisahnya boleh ditengok di : Unforgatable Journey). Ditambah lagi buanyaaakk tempat yang disebutkan di buku itu yang saya juga belum sampat kunjungi.

Kenapa gitu gak dikunjungi waktu itu? Hmmm.. kalau saja waktu itu buku ini sudah di tangan saya…hahaha pastilah perjalanan saya ke Aceh akan semakin banyak titik yang saya kunjungi. Berhubung buku ini terbitnya 2015, sekitar 9 tahun setelah saya ke Aceh…yah…jadi bawaannya nostalgia sambil ngiler-ngiler gitu deh ya…Hehehe bisa ngebayangin nggak sih rasanya gimana..

Betul yang ditulis dalam buku ini…ke Aceh gak perlu khawatir..Sama lah kayak traveling ke tempat-tempat lain meski Aceh punya Perda syariat Islam. Sama aja dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah di tempat lain juga…ke Masjid Baiturrahman, tetap ada aturan tertentu termasuk bagi umat muslim sendiri. Mengunjungi pura dan candi sama aja juga kan.. ada aturan tertentu yang harus dipatuhi pelancong? 🙂  Nah kalau ke Masjid Baiturrahman untuk perempuan muslim harus pakai rok dan berjilbab.

Persiapan saya waktu mau ke Aceh nomer satu memang pakaian. Maklum lah waktu itu belum berjilbab jadi agak-agak parno juga takut ketangkep petugas gara-gara gak pake kerudung hehehe. Apalagi stok baju lengan panjang nyaris gak ada..(parah ya…hehehe). Ya saya belilah beberapa baju lengan panjang yang bahannya adem…sama beberapa helai pasmina. Iya saya pilih pasmina waktu itu karena mikirnya kan gampang tinggal diselempangin aja. Sret…sret…beres. Tanpa pake inner tanpa peniti atau jarum 😀

Banyak pilihan tempat wisata loh kalau ke Banda Aceh dan Sabang…Ada Gunongan, Pintu Khop, Museum Aceh, dan Museum Tjoet Nyak Dien. Untuk mengenang jejak-jejak tusnami Aceh ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, yaitu Museum Tsunami, PLTD Kapal Apung, Kapal Diatas Rumah, dan Kuburan Massal Korban Tsunami. Wisata alamnya banyak pilihan yang dibahas di buku ini, diantaranya Pantai Lampuuk, Pantai Lhok Nga, Ujong Batee, Pantai Cermin Ulee Lheue, Pantai Lhok Mee, Gunung Geureutee, Air Terjun Suhom. Tahu nggak??Dari sekian banyak tempat yang dibahas…hampir semuanya belum saya kunjungi…wah..wah…pelanggaran…pelanggaran… Oya..kalau PLTD Kapal Apung sama Kapal Diatas Rumah pernah sih..tapi cuma lewat aja gitu…Ada kawan yang mengantar waktu itu. Yah…maklum…waktu itu fokusnya kerja…*ngelessss* hahaha.

Kalo kuliner di Banda Aceh…favorit saya sih Mie Aceh yang di lapangan Rex..Waktu itu teman yang pesankan…saya duduk manis aja menunggu pesanan datang. Jadi saya gak tau pasti mie yang mana tuh ..hehehe. Pokoknya enak banget! Nah di buku ini diulas mie aceh yang rekomended dan resto-resto yang menyediakan makanan khas aceh..Selamat bingung memilih…hehehehe.

Bagaimana dengan Sabang?Bukan Titik nol kilometer aja yang bisa dikunjungi…banyak pantai cantik yang bisa dinikmati dengan cuma-cuma alias gratis. Jangan sampe nggak kulineran di Sabang ya…ntar nyesel kayak sayaaa 😀 😀 😀

Kalo masih bingung di Banda Aceh-Sabang mau berapa hari+ngapain…ya baca aja buku Jelajah Ujung Barat Indonesia…Lengkap kok dengan itenerary nya..Mulai Sabtu-Minggu…3 hari..sampe seminggu. How to get there nya ada…info akomodasi dan rental kendaraan juga ada. Info rental ini penting loh…karena banyak destinasi wisata yang tidak terakses angkutan umum.

Saya berharap ada kelanjutan tulisan tentang Jelajah Aceh ini..Karena masih ada Aceh Timur, Tengah, dan Barat yang destinasi wisatanya bikin jatuh cinta… 😉 *ngarep bisa kesana lagi*

Terima kasih Mak Ophi dan Mak Muna bukunyaaa… 😉

 

 

4 thoughts on “Jelajah Ujung Barat Indonesia : Banda Aceh – Sabang

  1. Hiks…terharu deh. Makasih review nya maksay. Yuk ah kita traveling bareng ke Banda Aceh dan Sabang trs lanjut Meulaboh dan kota2 cantik lainny1a di NAD. Doakan insyaallah buku ini ada episode berikutnya yes :*

Leave a Reply

