Sate Madura, Terkenal di Nusantara Hingga Mancanegara

Madura adalah sate…dan sate adalah Madura. Meski sekarang ada berbagai macam sate, sate Madura tetap menjadi idola dimana-mana. Di Jawa, Sumatera, di hampir seluruh wilayah nusantara. Pernah ketika sedang berada di Bandung (dan beberapa kota lainnya), ketika ditanya aslinya dari mana dan saya jawab dari Madura…penanya langsung manggut-manggut dan menimpali,” oohh..sate Madura”. Hehehe ngetop banget emang Sate Madura ini.

Sate Madura

Sate Madura disantap dengan nasi putih hangat dan gule (dok.pri)

Sate Madura terbuat dari daging ayam, daging kambing, atau daging sapi. Umumnya sih potongannya kecil-kecil, ditusuk dengan lidi atau tusuk sate dari bambu. Bumbu untuk dagingnya sendiri relatif minimalis alias gak banyak pake bumbu khusus. Karena itu rasanya cenderung ringan tapi tetap gurih. Pelengkap yang membuat sate Madura sangat khas adalah saus kacangnya yang dicampur dengan kecap. Perpaduan sate yang gurih dan saus kacang yang manis..mmhhh…bikin tak terasa 10 tusuk ludes dalam waktu sekejap.

Apakah sate Madura bergizi?Tentu saja. Gizi tinggi terdapat pada daging sate, baik daging ayam, daging kambing, maupun daging sapi. Misalnya pada daging ayam, ada protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan fosfor. Sementara beberapa vitamin juga bisa ditemukan dalam daging ayam, diantaranya vitamin C, B1, E, D, K, dan folat.  Ditambah lagi gizi dari kacang tanah yang dicampurkan pada saus sate. Kacang mengandung lemak, protein, zat besi, vitamin E, vitamin A, vitamin K, kalsium, vitamin B kompleks, kolin, dan lesitin.

Ada beberapa tips agar daging terasa lebih empuk. Salah satunya dengan menambahkan  sedikit saja parutan buah nanas pada saat dibumbu sebelum dibakar. Daging sate dibakar dengan arang dan tidak terlalu sering dikipas. Ini dilakukan agar api tidak membesar sehingga proses pematangan daging lebih optimal dan daging tidak gosong.

Sate Madura di Seantero Nusantara dan Mancanegara

Menemukan sate Madura di  luar Madura sangatlah mudah. Hampir semua menuliskan Sate Madura sebagai menu utama bahkan nama resto atau warungnya. Bagaimana dengan di Madura sendiri? Katanya susah cari sate Madura di Madura?hehehe ya kalo cari tulisan ‘Sate Madura’ emang susah…Kalo Sate Gule  banyak…Mungkin karena memang sudah di Madura jadi tidak perlu lagi disebut sebagai sate Madura ya… 😀 Dengan disebut sate ayam, sate kambing atau sate sapi aja udah pasti sate Madura yang light tapi lezat .. Dan memang umumnya teman makan sate di Madura adalah gule.

Sajian sate dan gule bukan hanya ada di warung-warung makan lo… Sate dan gule sudah menjadi bagian dari tradisi Madura. Pada acara perkawinan, khususnya akad nikah, sate dan gule ini menu wajib. Begitu juga dengan acara-acara istimewa lainnya. Sate dan gulenya umumnya memakai daging kambing atau sapi.

Nah kalau di luar Madura..sate Madura dijual mulai dari pedagang keliling, warung-warung tenda pinggir jalan sampai di resto yang harganya selangit. Penjualnya sendiri ada yang memang aseli Madura ada juga yang bukan orang Madura. Di Jakarta ada beberapa warung sate Madura yang sudah sangat dikenal oleh warga ibu kota, seperti Sate Apjay di Jl. Panglima Polim Jakarta Selatan, Sate Pertamina RSPP, Sate Ayam Barokah di daerah Santa, Sate Ayam Sambas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di luar negeri memang tidak semudah di Indonesia untuk menemukan sate Madura. Tapi di beberapa negara sate Madura masih bisa dijumpai karena orang Indonesia yang menjualnya. Di Malaysia, di Amerika, di Australia. Nama yang digunakan ada yang hanya satai saja ada juga yang lengkap menyebutkan satay dengan saus ala Madura.

Berikut ini sate Madura yang bisa dijumpai di mancanegara :

Sate Madura di Kuala Lumpur Malaysia

Sate Madura Saleha di Kuala Lumpur (sumber : tigadibumi.com)

Sate Madura Saleha di Kuala Lumpur (sumber : tigadibumi.com)

Sate Madura di Australia

Ulasan Sate Madura di tripadvisor.com.au

Ulasan Sate Madura di tripadvisor.com.au

Sate Madura di Jeddah

Sate Madura di sebuah resto di Jeddah (sumber : shazymoms.blogspot.co.id)

Sate Madura di sebuah resto di Jeddah (sumber : shazymoms.blogspot.co.id)

Sate Madura di Amerika

SATE5

Sate Food Truck di Amerika (sumber : Fans Page ‘Sate Truck’ )

Nah…kalo yang di Amerika ini memang tidak menyebutkan ‘sate madura’..hanya sate begitu saja. Sama halnya dengan hasil survey CNN pada tahun 2011 tentang 50 makanan terlezat di dunia (World’s 50 Best Food), sate masuk di urutan 14 loh.. Tidak disebutkan sih sate apa hehehe. Bisa jadi sate Madura termasuk sate yang dimaksud donk.. 🙂  Ngetop banget kan sate … Kengetopannya tak terbantahkan juga karena makanan ini ternyata salah satu yang disebut oleh Presiden Amerika Barack Obama dalam kunjungannya ke Indonesia pada tahun 2010. “Sate….!” , begitu  Obama mempraktekkan gayanya saat memanggil tukang sate..Nahh tahun segitu ..yang dipanggil pedagang sate keliling…berarti sate Madura donk ya…. 😀  Apapun itu..saya tetap bangga…Bangga pada sate Madura yang dikenal di seantero nusantara hingga mancanegara.

JELAJAH GIZII

Advertisements

12 thoughts on “Sate Madura, Terkenal di Nusantara Hingga Mancanegara

  1. Sate madura emang top deh, terutama sambel kacangnya itu. Cuma kadang-kadang –ini mah soal selera sih– gajihnya itu duh banyak bener sampe nempel terus di mulut 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s