5 Hal Ini Perlu Diyakinkan Pada Calon Investor

Sumber : phx.corporate-ir.net

Sumber : phx.corporate-ir.net

Investor sangat dibutuhkan dalam berbisnis, baik bisnis skala besar maupun kecil. Besarnya investasi tentu disesuaikan dengan  target yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis. Ada kalanya pelaku bisnis merasa kesulitan dalam memperoleh investor. Akibatnya bisnis tidak bisa berkembang atau bahkan berhenti sama sekali.

Nah..untuk mendapatkan kepercayaan investor memang diperlukan upaya meyakinkan. Artinya meyakinkan bahwa bisnis yang akan atau sedang dijalankan mempunyai prospek yang bagus. Apa saja yang perlu diyakinkan?

  • Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan memberikan keyakinan terhadap keberadaan tim manajemen dan seluruh jajaran pelaku bisnis, investor akan lebih mudah memberikan kepercayaannya. Orang-orang yang berpengalaman bisa memberikan jaminan bahwa investasi yang diberikan tidak akan sia-sia.
  • Resiko Usaha, dengan memberikan keyakinan terhadap resiko-resiko usaha kepada investor, maka investor akan lebih siap.
  • Potensi pasar, investor perlu melihat potensi ini untuk meyakinkan berjalan atau tidak bisnis yang akan dibiayainya. Potensi pasar bisa disajikan dalam jangka pendek maupun panjang.
  • Risk dan Reward relationship, ini penting bagi investor untuk mengetahui bagaimana skenario penyelesaian bila terjadi kegagalan bisnis. Begitu pula bila bisnis berkembang, apa yang akan diterima oleh investor.
  • Entry Barrier, investor perlu diyakinkan terhadap upaya-upaya inovatif pengembangan bisnis. Dengan demikian prospek bisnis akan lebih terlihat dan terarah.

Aldi Ferdian,  financial engineering & consultan, investor sekaligus owner Cakradhara Group membenarkan unsur prospektif sangat penting dalam penawaran investasi. Bisnis yang prospektif akan mudah diminati oleh para investor. Hal ini berdasarkan pengalamannya dalam membiayai berbagai bentuk usaha. Mulai dari pembiayaan usaha karyawannya yang terus berkembang pada pembiayaan bentuk usaha di berbagai bidang. Sampai sekarang bidang usaha yang dibiayai oleh perusahaannya sangat beragam, diantarannya perkebunan jamur tiram, cabe, media digital, integrated media promotion, properti, dan energi. Dari sejumlah usaha yang dibantu pendanaannya, ada yang sudah bisa membiayai perusahaan mereka sendiri. Untuk yang sudah bisa mandiri seperti itu, Aldi memfokuskan ke pengembangan usaha dan pembangunan sistem yang terintegrasi.

Referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s