Pilih Konsultan Pajak yang Tepat Hindari Sanksi Pidana di Tahun 2016

Mempunyai konsultan pajak sangat penting dan menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis apapun. Konsultan pajak yang baik akan menjadikan kliennya wajib pajak yang cerdas. Bukan sebaliknya menjadikan kliennya sebagai pelanggar hukum yang bisa merugikan klien itu sendiri. Apa yang harus dilakukan untuk bisa memilih konsultan pajak yang tepat? Pastikan beberapa hal berikut ini untuk menentukan konsultan pajak yang tepat untuk Anda :

  • Pastikan konsultan pajak Anda mengetahui dengan pasti jenis usaha Wajib Pajak, sehingga dapat menerapkan yang tepat dan efisien. Misalnya perpajakan untuk pertambangan, minyak dan gas bumi, rumah sakit, bank, telekomunikasi, real estate, jasa konstruksi, yayasan pendidikan, UMKM, tentu beda aturan.
  • Pasikan konsultan pajak Anda akan memberikan perencanaan pajak yang baik karena perencanaan pajak merupakan arah kebijakan yang harus disusun agar pajak lebih eifisien dan benar. Tax planning harusnya sudah diberikan sejak usaha belum dimulai, misalnya bentuk usaha yang lebih menguntungkan berupa UD, CV, PT, atau JO, jenis usahanya, pemilihan akun yang tepat, pemilihan vendor, dsb.
  • Pastikan jenis-jenis kliennya, apakah konsultan tersebut sudah punya pengalaman menangani jenis usaha yang sama dengan usaha Anda. Misalnya belum pernah punya pengalaman untuk memberikan konsultasi tentang pajak usaha di bidang pertambangan, bisa jadi hal fatal kalau tidak tahu tentang aturan pajak pertambangan.
  • Pastikan apakah bila ada pemeriksaan pajak akan didampingi atau bahkan sampai pengajuan keberatan maupun banding di Pengadilan Pajak.
  • Pastikan apakah konsultan pajak tersebut seorang yang ahli pajak. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat brevet A, B, atau C, serta mempunyai keahlian lain di bidang akuntansi, hukum, kepabeanan, moda tranportasi, dan keahlian lain yang akan sangat membantu dalam menjalankan tugas sebagai konsultan.
  • Hindari konsultan pajak yang suka menjanjikan penyelesaian pajak dengan memberikan imbalan uang ke oknum petugas pajak. Karena tugas konsultan adalah membuat kliennya mematuhi aturan, menghindari sanksi dan denda, serta memanfaatkan fasilitas yang tepat.

Nah..mengapa menghindari kesalahan dalam pajak menjadi penting?Karena menurut Zeti Arina, CEO Artha Raya Consultant, mulai tahun 2016 kesalahan dalam pajak bisa mendapatkan sanksi pidana.  Jadi  bagi para wajib pajak, apabila memang pelaporan pajaknya masih salah terutama untuk orang pribadi, sebaiknya segera lakukan pembetulan di tahun 2015 (untuk laporan pajak 2010 sampai 2014) dan mintakan penghapusan dendanya. Indikasi dari KPP biasanya kesesuaian aset yang dimiliki dengan pembayaran pajaknya. Aset yang dimaksud mulai dari tabungan sampai aset tidak bergerak misalnya rumah, tanah, mobil, dsb. Zeti mencontohkan, akan bermasalah misalnya  apabila membeli rumah seharga 500 juta tetapi di daftar hartanya tidak ada tabungan atau hutang dan penghasilan yang dilaporkan cuma sedikit.

So…Ayo periksakan laporan pajaknya pada konsultan yang tepat…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s