Mengenal Profesi Woman Marketer

Pernah mendengar profesi  woman marketer? Profesi ini belum banyak digeluti oleh perempuan di Indonesia. Woman marketer adalah konsultan marketing yang menghubungkan merchant  atau pemilik usaha seperti restoran dengan bank atau perusahaan lain. Konsultan inilah yang kemudian menciptakan program-program promosi,  seperti discount, top spender, dan sejenisnya.

Salah satu woman marketer di Indonesia adalah Veronica Ratnaningrum, yang sudah membangun perusahaan konsultan marketingnya, PT Masterindo Multiguna, sejak tahun 2011. Meski usianya terbilang relatif masih muda, PT. Masterindo  Multiguna berhasil menggandeng berbagai klien besar termasuk bank-bank swasta dan BUMN ternama di Indonesia.

Veronica Ratnaningrum (sumber : indscriptcreative.com)

Veronica Ratnaningrum (sumber : indscriptcreative.com)

Beberapa program yang ditawarkan kepada klien PT. Masterindo Multiguna diantaranya :

  • Merchant Privileges Outsourcing, dalam layanan ini perusahaan Veronica memiliki jaringan merchant yang menjangkau seluruh propinsi di Indonesia. Para pemilik usaha atau merchant berkolaborasi dengan perusahaan klien atau Bank, untuk memberikan layanan tambahan kepada pelanggan. Dari layanan ini diharapkan tercipta transaksi yang lebih signifikan.

    Program Merchant Privileges Outsourcing (sumber : masterindomultiguna.com)

    Program Merchant Privileges Outsourcing (sumber : masterindomultiguna.com)

  • Redemption Program
  • Voucher
  • Merchandise

Untuk semua program tersebut perusahaan Veronica yang mengerjakan semuanya, mulai dari pendekatan  dengan pihak yang terkait dalam program sampai tercapai deal.  Perusahaan ini juga yang melakukan pencetakan kolateral, termasuk banner promo untuk di tempatkan di lokasi merchant. Sarana promo tersebut penting  untuk menginformasikan program kepada pelanggan.

Apa modal utama  Veronica Ratnaningrum sebagai woman marketer hingga bisa seperti sekarang ini?Networking. Ia mengenal banyak dan menjalin hubungan baik dengan pemilik-pemilik restoran dan usaha lainnya. Modal networking inilah yang kemudian dihubungkan dengan bank-bank besar.

Networking yang dimiliki Veronica ditunjang dengan karakter yang memang sudah lekat dengannya, yaitu profesional dalam bekerja, tekun, semangat belajar tinggi, serta jiwa kepemimpinan yang kuat. Ditambah dengan kehandalannya dalam merancang program, analisa pasar, riset, mengorganisir, memanajemen, serta memberikan jalan keluar untuk setiap problem yang dihadapi kliennya, sangat pantas bila perusahaannya mampu berkembang dengan pesat dalam waktu cepat.

Meski kompetitor mulai bermunculan, Veronica yang lulusan Southern Illinois University ini tidak merasa khawatir. Program demi program terus digagas. Seperti program yang siap diluncurkan, yaitu digital merchant, e-catalogue, dan e-voucher.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s