Ingat Sengkang…Ingat Kain Tenun Sengkang

Entah kenapa..setiap mendengar Sengkang…yang saya ingat itu adalah Kain Sengkangnya. Sesuai dengan namanya…kain tenun Sengkang berasal dari Sengkang. Tau kan Sengkang dimana? Yes..ibukota kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan, dari Makassar sekitar 4 jam. Berasa banget perjalanan dari Makassar ke Wajo 😀 Emang pernah ke Wajo? Pernah donk…hehehe. Waktu itu ikut Latsitarda tahun 2000, stay di Wajo sekitar 2 minggu dan di Palopo 1 minggu. Kapan-kapan deh saya ceritain perjalanan seru di bumi Celebes ini.. :D.

Sayangnya saya gak kebagian kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan ulat sutera di Sengkang waktu itu. Ditambah lagi dengan status sebagai mahasiswa…jadilah kain tenun Sengkang hanya jadi angan-angan..hahaha. Harga kain tidak terjangkau kantong saya sodara…Bisa berangkat gratis aja udah bersyukur banget…gak mikir oleh-oleh atau apalah-apalah…gitu.

Kain Tenun Sengkang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Meski terkenal dengan suteranya…tidak semua kain tenun Sengkang dibuat dari bahan sutera, yang non sutera juga ada. Harganya pun bervariasi mulai 50.000 per meter.

Tapi Allah baik banget ya…setelah beberapa tahun kemudian..saya dikasi kain tenun Sengkang gratis, diantar sampe rumah lagi. Karena ada mbak Ida Sulawati dan Khrisna Onlineshop berbaik hati memberikan selembar kain sepanjang 3 meter sebagai hadiah kuis di grup alumni Indscript Training Center belum lama ini. Trims mbak Ida dan mbak Dian Khrisna OS. Sekarang..kain tenun Sengkang yang bikin saya inget kota kecil yang berbatasan dengan Danau Tempe ini siap ‘diolah’. Yuk mareeee…

Hadiah Kuis berupa selembar Kain Tenun Sengkang dan Buku Pajak  Zeti Arina

Hadiah Kuis berupa selembar Kain Tenun Sengkang dan Buku Pajak Zeti Arina

Advertisements

5 thoughts on “Ingat Sengkang…Ingat Kain Tenun Sengkang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s