Observasi Masuk SD

Beberapa bulan lagi masuk tahun ajaran baru 2015-2016. Sekolah-sekolah, terutama swasta, umumnya sudah memulai observasi (alias test) untuk calon siswa barunya. Selain harus menyiapkan materi observasi, ortu juga harus menyiapkan sejumlah dana tentunya. Pembayaran pendaftaran biasanya lebih murah bila dilakukan di gelombang pertama. Gelombang selanjutnya biaya pendaftaran pasti lebih tinggi.

Tahun ini Insyaallaah Kinar masuk SD.. Duh..gak kerasa ya..udah pada SD aja nih anak-anak 😀 21 Februari lalu Kinar ikut observasi gelombang pertama di sekolah yang sama dengan Nares kakaknya. Apa saja persiapan Kinar?Hmm…gak ada persiapan khusus sih.. Karena materi observasi sangat familiar bagi anak-anak. Meskipun belum lama ini Kinar bisa baca, saya tidak khawatir akan menyebabkan kegagalan. Yakin ajah gituh.. 🙂 Untuk berhitung saya juga yakin Kinar bisa. Karena sebelumnya Kinar sering ikut-ikutan belajar ketika kakaknya belajar. Beberapa kali dia mengerjakan soal berhitung juga lancar.

Akhirnya observasi yang berlangsung selama sekitar 2 jam pun diikuti Kinar dengan lancar. Kelulusan yang diumumkan 15 menit setelah observasi selesai hasilnya juga baik. Alhamdulillah. Nilai rata-ratanya 95 koma sekian. Kinar juga tidak mengeluhkan apapun pasca observasi. Kecuali satu hal.

Di rumah Kinar bercerita tentang apa saja yang ditanyakan saat proses observasi. Tak lupa dia menceritakan kalau saat menulis, diminta guru yang mengobservasinya untuk menulis dengan ‘tangan bagus’ alias tangan kanan. Astaghfirullah dek…Bunda lupa bilang gurunya kalau adek kidal…

“Adek bisa nulis pake tangan kanan?”tanya saya pada Kinar.

“Susah Bun… aku nulisnya juga jadi jelek…”jawab Kinar sambil tertawa. Nulis kiri yang jadi kebiasaannya aja belum bagus apalagi nulis tangan kanan..saya membayangkan betapa susah payahnya dia menulis dengan tangan kanan saat observasi.

Pengalaman ini menjadi semacam ‘reminder’ buat saya..untuk menyampaikan kepada guru terutama di lingkungan baru tentang kecenderungannya memakai tangan kiri. Penting untuk disampaikan agar guru tidak mempermasalahkan anak yang memang cenderung memakai kiri untuk menulis.

Kinar

Advertisements

8 thoughts on “Observasi Masuk SD

  1. Samaan nih. Anak bontot saya, Mika juga mau SD, berhubung masih satu yayasan dengan TK nya Mama nya super nyantai, karena pasti lolos yang penting uang masuk sudah lunas..hehehe, selamat ya Kinar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s