Rumah Pintar Sumenep

Rumah Pintar di Sumenep ini salah satu tempat favorit Nares dan Kinar bermain di hari Minggu. Ada fasilitas menarik yang terbagi dalam beberapa sentra. Diantaranya sentra buku, sentra teknologi dan audio visual, dan sentra permainan indoor. Di halaman Rumah Pintar tersedia beberapa permainan sederhana, seperti ayunan dan jungkat-jungkit, serta 2 buah pendopo kecil yang teduh. Pendopo kecil itu sering digunakan para pelajar dan mahasiswa untuk kegiatan diskusi atau rapat ..

Arena Bermain di Rumah Pintar

Arena Bermain di Rumah Pintar

20150208_094346

Sentra Buku Rumah Pintar Sumenep

Sentra Buku Rumah Pintar Sumenep

Rumah Pintar ini diresmikan April 2013, bersamaan dengan 13 rumah pintar lainnya di Jawa Timur. Di Sumenep sendiri ada 2, yaitu di Pulau Raas dan di kota Sumenep (tepat di samping depan bangunan keraton). Program ini digagas oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) jilid II dan Kementrian Pendidikan untuk memberikan akses layanan di daerah 3 T (terdepan, terluar, tertinggal). Hehehe..Sumenep bukan daerah terdepan, bukan juga daerah terluar..berarti daerah tertinggal donk ya? Gakpapa ..yang penting anak-anak happy kalo ke tempat ini… πŸ˜€ Daerah lain di Jawa Timur yang dapet bantuan Rumah Pintar kayak begini ada Bangkalan, Pamekasan, Pacitan, Nganjuk, Jember, Trenggalek, dan Tuban.

Beberapa kali ke Rumah Pintar selama tahun 2014 bagian halaman kelihatan gak terawat. Ayunan pada rusak, rumput dibiarkan tinggi-tinggi, pendopo juga kotor. Tapi terakhir saya kesana Minggu 9 Februari kemarin berbagai mainan outdoor sudah bisa dipakai semua, pendopo bersih, taman bersih. Cuma ya sentra yang dibuka cuma sentra buku. Mungkin karena keterbatasan petugas. Jam buka kalau hari Minggu jam 08.00-12.00. Kalo weekdays sampai jam 14.00. Sentra buku ruangan favorit nih…banyak buku untuk anak-anak dan untuk umum, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Ruangannya ber-AC jadi nyaman buat berlama-lama sambil baca buku. Koleksi terbaru buku-buku keluaran tahun 2013. Eh..sayangnya buku-buku disini gak bisa dipinjem…jadi bacanya kudu cepet-cepet…atau seperlunya aja πŸ˜€ Nah..setiap saya kesini selalu ada 1-2 anak yang lagi diajarin calistung oleh petugas. Ooo rupanya mereka les privat sama petugas itu..

Hari Minggu… Nares dan Kinar pasti menjadwalkan untuk maen kesini. Emaknya sih seneng-seneng aja…karena anak-anak bisa bermain…emaknya bisa baca-baca sambil ngadem…dan yang penting gratis πŸ˜€

Β  Our Sunday. .. View on Path

Advertisements

4 thoughts on “Rumah Pintar Sumenep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s