Mencintai Diri Sendiri, Begini Caranya …

Tiba-tiba teringat untaian kata mutiara yang dulu banget (jaman SD) sering dipake di biodata teman-teman. Tau kan jaman itu saling bertukar isi biodata…ada nama, alamat, hobby, cita-cita, dan kata mutiara. Gak tau kenapa keinget aja kata-kata itu. Jadi sebelum mencintai orang lain, cintai dulu diri kita sendiri.

Dipiki-pikir bener juga yak kata-kata itu. Gemana kita mau mencintai orang lain kalo sama diri kita sendiri aja asal-asalan. Gemana mau care sama orang lain..sama diri kita sendiri aja gak care. Makan suka-suka jam nya..mau pedes mau asem bodo amat..mau bergizi mau nggak.. Masa mau nunjukin kepedulian sama orang atau pasangan, “udah makan belom…makan donk..ntar sakit loh..”heheh padahal diri sendiri asik ngerjain apa gitu sampe lupa jadwal makan.. Gak seru ah… 😀

Padahal mencintai diri sendiri gak perlu rumit. Selagi bisa dibikin simpel kenapa harus dibikin rumit..iya nggak sih? Dan memang mencintai diri sendiri buat saya gak perlu rumit. Gak harus begini-begitu yang justru menyulitkan diri sendiri. Nomer satu dan yang paling utama buat saya itu bersyukur. Apa sih susahnya bersyukur?Apapun kondisi saya..alhamdulillah wae..(dengan penuh ketulusan dan keihlasan ya… 🙂 ) Bukankah dengan bersyukur Allah akan melipatgandakan kenikmatan?

Bersyukur bagi saya berdampingan dengan positive thinking. Apapun yang terjadi harus tetep positif thinking. Ini sangat membantu hati dan pikiran tenang. Hati dan pikiran yang ruwet itu sumber stress, dan stress menyebabkan kekabalan tubuh menurun, akibatnya…ya sakit. Kalau sudah sakit..ya sudah dinikmati aja… Nikmati dengan istirahat yang cukup . Kalau sudah terbiasa berpikir positif, apapun yang saya alami saya akan berusaha (dan wajib) mengambil hikmahnya. Tak akan berguna lagi menyalahkan keadaan apalagi menyalahkan orang lain.

sumber gambar : thriftyhunter.com

sumber gambar : thriftyhunter.com

Hal positif bukan hanya untuk diri saya sendiri. Sebisa mungkin saya berusaha menyebarkan hal-hal yang positif. Postingan, status di Facebook, di Blackberry Masanger, kicauan di Twitter, komentar-komentar…harus positif. Hal kecil saja misalnya pasang emoticon. Saya lebih suka pakai emo smile atau ketawa daripada emo marah atau sakit atau nangis dalam percakapan di pesan-pesan instan dan komentar. Karena marah itu kan menular, senyumpun menular. Daripada menularkan amarah…mending menularkan senyum kan? 🙂 *senyum dulu donk….*. Jadi meskipun sedang dilanda kegalauan…emoticonnya tetep senyum. Misalnya : Hujan tiba-tiba…jemuran basah semua… 😦 . Bandingkan dengan : Hujan tiba-tiba..jemuran basah semua 😀 . Respon orang yang baca pasti beda kan…padahal cuma beda di emonya aja..

Yakin terhadap apa yang sudah diatur oleh Allah SWT adalah cara lain lagi untuk mencintai diri kita sendiri dan berdamai dengan keadaan. Allah Yang Maha Tahu…mana yang baik untuk saya dan mana yang gak baik buat saya. Itulah kenapa mendekatkan diri kepada Nya adalah kunci hidup damai. Tidak ada sehelai daun pun yang jatuh tanpa sepengetahuanNya kan..? So..keep calm..everything’s gonna be all right..

*Postingan Ini Untuk Mengikuti Give Away Echaimutenan*

7 thoughts on “Mencintai Diri Sendiri, Begini Caranya …

  1. Hihi berarti aku gak mencintai diri sendiri Mbak 😦 soalnya makanku sangat gak teratur, bahkan sering sarapan jam 11 atau 12 siang akibat malas keluar kosan (kalau lagi hari libur). Terus makan malamnya mi (baik itu mi instan, mi ayam, bakso) yang jelas bukan nasi. Kadang suka kasihan sama organ-organ di dalam sana, tapi mau gimana lagi. Soal biodata masa sekolah, iya aku baru inget. heran juga kenapa dulu suka begitu. Aku juga masih simpen biodata teman, lengkap dengan pesan kesannya di dalam binder. Banyak banget, lengkap dengan foto mereka.

Leave a Reply

