Outdoor Activity, Asiknya Belajar Diluar Sekolah

Belajar tidak hanya di dalam kelas. Belajar bisa dilakukan dimanapun di luar kelas. Sekolah Kinar, El-Fath, memahami betul konsep itu. Jadi aktivitas belajar banyak dilakukan di luar kelas, bahkan sesekali diluar sekolah. Kegiatan di luar sekolah mereka namai ‘Outdoor Activity’.

Outdoor activity sangat ditunggu-tunggu Kinar dan teman-temannya. Apa sih yang bikin Kinar sangat antusias dengan kegiatan ini? Outdoor activity ini ‘memindahkan’ tempat belajar yang tadinya di sekolah jadi di rumah siswa. Bergiliran setiap siswa 2 minggu sekali di hari Sabtu.

Tadinya outdoor activity hanya terbatas pada kegiatan kunjungan ke sentra-sentra industri rumah tangga, peternakan, perkantoran, dan sejenisnya. Setiap kunjungan juga langsung berbarengan mulai playgroup, TK-A, TK-B. Jadi sekolah harus memfasilitasi transportasi untuk para siswa.

Dengan konsep outdoor activity berupa home visit ke masing-masing siswa, sekolah tidak perlu lagi bingung mikir transportasi. Siswa diantar dan dijemput di rumah tempat mereka belajar. Yang playgroup…ke rumah temannya yang sesama playgroup, yang TK-A dan TK-B juga begitu.

Materi pelajaran yang didapat siswa juga lebih beragam. Salah satunya materi disesuaikan dengan profesi orang tua yang menjadi tuan rumah. Misalnya ortu si A pekerjaannya perawat, maka siswa belajar berbagai hal tentang pekerjaan tersebut. Misal ortu si B yang menjadi tuan rumah bekerja sebagai pegawai bank, siswa mendapat materi tentang menabung dan membuat celengan dari barang bekas. Seru juga ya…

Bahan-bahan untuk belajar tetap disediakan oleh sekolah (misal untuk materi ketrampilan dari barang bekas). Tuan rumah hanya menyediakan tempat dan konsumsi ala kadarnya. Ya paling snack + minuman ringan untuk anak-anak. Sudah..itu saja.

Kinar dan celengan barunya :)

Kinar dan celengan barunya 🙂 (dok. pri)

Sesi Foto Bersama di setiap akhir kegiatan (dok. El-Fath)

Sesi Foto Bersama di setiap akhir kegiatan (dok. El-Fath)

Bermain di rumah teman

Bermain di rumah teman (dok. El-Fath)

Belajar Menganyam (dok. El-Fath)

Belajar Menganyam (dok. El-Fath)

Orang tua siswa adalah anggota TNI (dok. El-Fath)

Orang tua siswa adalah anggota TNI (dok. El-Fath)

Ortu siswa mengenalkan atribut TNI (dok. El-Fath)

Ortu siswa mengenalkan atribut TNI. Alat peraga  milik ortu siswa. (dok. El-Fath)

Siswa playgroup belajar pembuatan kompos...antusias banget .

Siswa playgroup belajar pembuatan kompos…antusias banget . (dok. El-Fath)

Siswa Playgroup belajar di ladang garam (dok. El-Fath)

Siswa Playgroup belajar di ladang garam  (dok. El-Fath)

Kinar suka banget dengan kegiatan ini..karena dia jadi tau rumah teman-temannya. Anak-anak tuh seneng banget ya maen ke rumah temennya gitu…Saya yang mengantar dan menjemput juga jadi kenal dengan para orang tua siswa. Yang jelas juga…wawasan anak-anak semakin kaya..bukan hanya mereka dapat dari gadget, televisi, atau dari buku 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Outdoor Activity, Asiknya Belajar Diluar Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s