Delima Putih

Buah Delima Putih

Buah Delima Putih

Baru-baru ini saya panen buah delima putih. Pohonnya tumbuh pas di samping rumah tak jauh dari jendela kamar. Setiap membuka jendela kamar di pagi hari..buah delima seperti menyapa “selamat pagi…mana senyumnya..?”hehehe. Rasanya tahun ini buahnya lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Saya sangat bersemangat memetik buah delima yang sudah tua karena ingat khasiat delima putih yang dahsyat. Jadi bukan buahnya aja sih..tapi kulitnya juga. Kulit delima putih yang dikeringkan banyak dijual di pasar. Para pembuat jamu biasa memakai kulit delima putih dalam racikan jamunya. Ada yang direbus, ada juga yang ditumbuk halus.

Khasiatnya apa si kulit delima putih ini? Kalau di Madura…kulit delima putih umumnya dimanfaatkan untuk jamu-jamu untuk mengatasi keputihan. Delima putih dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti kunyit, manjakani, sirih, pinang muda dll. Komposisi delima putih lebih banyak daripada bahan lainnya, yaitu 15-20%.

Jamu-jamu di Madura yang khusus untuk mengatasi keputihan biasa disebut jamu delima putih. Jamu dijual dalam bentuk minuman segar, serbuk, butiran jamu padat, atau kapsul. Jamu diminum 1-3 kali dalam sehari, tergantung tingkat keparahan keputihan.

Nah kalo bagian buah lainnya apa manfaatnya?Buah delima bisa dimakan begitu saja meski lebih banyak bijinya daripada daging buahnya. Buah delima mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti oksidan. Anti oksidan inilah yang akan mengusir berbagai penyebab penyakit berat. Bahkan meminum jus delima secara rutin seminggu 3 kali bisa mengurangi resiko alzheimer sampai 76 %.

Emang rasa buahnya enak?Enak sih…asem-asem manis gitu..agak sepet pas gigit bagian bijinya. Kinar aja suka, ‘dibrakoti’ kayak makan buah srikaya 😀

Advertisements

12 thoughts on “Delima Putih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s