4 Film Animasi Favorit Anak

Ditengah serbuan film-film kartun keluaran Disney, ada 4 film kartun yang menjadi kegemaran anak-anak. Film-film tersebut sangat berpengaruh pada keseharian anak-anak. Mereka dengan mudahnya meniru gaya bahasa yang dipakai dalam film termasuk lagu-lagu dan ceritanya. Apa saja film tersebut?

Upin-Ipin

Wah..ini benar-benar film kartun yang rasa-rasanya bakal menyaingi Doraemon. Film buatan Malaysia ini diluncurkan pertama pada tahun 2007 dan sampai sekarang masih sangat digemari anak-anak. Tak heran bila pada tahun 2011 film ini mendapat gelar ‘Animasi Paling Populer’ dalam Malaysia Book of Records.

Saya sendiri angkat jempol untuk film ini. Sangat mendidik dan tanpa meninggalkan konten lokal tapi tetap bisa menyelipkan unsur komersial secara halus. Sangat halus. Selain itu film ini menggambarkan keberagaman kultur yang sangat natural. Keluarga Upin-Ipin juga digambarkan sebagai keluarga yang tidak sempurna, karena tanpa ayah dan ibu, tapi mereka tetap jadi anak baik-baik.

Pada Zaman Dahulu

Film animasi 3 dimensi ini diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan Upin-Ipin, Les’ Copaque Production. Bedanya, film ini lebih banyak menceritakan tentang dongeng-dongen jaman dahulu. Setiap akan menceritakan dongeng, tokoh kakek dalam film ini berkata “ Pada zaman dahulu…”. Ah..sesederhana itu ya idenya..

Boboi Boy

Film animasi ini masih buatan Malaysia juga. Tokoh Boboi Boy diceritakan sebagai anak hebat yang punya kekuatan melawan kejahatan. Ada seorang teman Boboi Boy, perempuan bernama Yaya. Tokoh yang digambarkan berjilbab ini semakin menguatkan nuansa lokal Malaysia.

Saya sempat terkaget-kaget ketika Nares dan Kinar menyebut kue buatan saya seperti ‘Kue Yaya’. Kue Yaya..??Apa tuh..Oalah..ternyata ada satu seri dari Boboi Boy yang menceritakan tentang kue buatan si Yaya ini.

Puteri

Suatu ketika anak-anak saya menanyakan, saya pilih apa..bali, purut, nipis, kesturi, atau manis. Saya belum ngeh..saya asal aja memilih. Lalu mereka menceritakan karakter yang saya pilih. Belakangan saya baru ngeh kalau itu adalah nama tokoh-tokoh dalam film animasi ‘Puteri’. Alamak…

Salut sungguh salut. Gak perlu susah-susah cari nama tokoh. Nama kerajaannya ‘Limau Kingdom’ atau Kerajaan Limau. Tokoh utamanya nama-nama jeruk, ada Puteri Limau Manis, Kesturi, Purut, Bali, dan Nipis. Mereka punya kekuatan yang berbeda-beda. Film ini diproduksi oleh Les’ Copaque Production dan ditayangkan pada November 2014.

5 puteri dari Kerajaan Limau. (Sumber gambar : www.mohdzarin.com)

5 puteri dari Kerajaan Limau. (Sumber gambar : http://www.mohdzarin.com)

Adakah diantara 4 film ini yang kamu juga suka? 🙂

Advertisements

18 thoughts on “4 Film Animasi Favorit Anak

  1. Anak-anak saya suka sekali upin ipin. Anak saya yang laki-laki, selain upin ipin, juga suka dengan boboi boy. Ada kabar, ternyata upin ipin itu sebenarnya buatan Indonesia ya, tapi karena tidak ada televisi lokal yang mau menayangkan akhirnya diajukan ke negara tetangga. Kalau berita itu benar, sayang sekali ya…

  2. Akuuuu suka banget Mak sama Upin-Ipin. Tapi sedih nih yang ngisi suara Mail kayaknya ganti ya. Lebih suka suara yang lama, lebih tengil. Suara yang sekarang kayak suara remaja SMP aja padahal Mail pan masih teka :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s