Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Memasuki musim hujan, terjadi perubahan suhu udara dan kelembaban. Curah hujan yang tinggi membuat kita malas melakukan hal-hal yang penting untuk sekedar menjaga kesehatan tubuh. Misalnya olah raga atau kebiasaan sehat lainnya. Akibatnya kondisi fisik tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang umum terjadi adalah flu. Meski cuma flu tapi gak enak juga kan? Apalagi kalau sampai mengganggu aktivitas harian.

Berikut ini tip-tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa Anda terapkan:

  • Minum air putih. Kebiasaan sehat ini cenderung berkurang karena suhu udara yang lebih adem dibanding saat musim kemarau. Padahal minum air putih adalah hal paling mudah dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadi meskipun musim hujan, tetap lakukan kebiasaan ini.
  • Olah raga. Hujan kadang membatasi aktivitas kita. Karena hujan, kita tidak bisa bersepeda di akhir pekan atau olah raga di luar ruangan lainnya. Tapi bukan berarti karena hujan kita tidak berolahraga. Lakukan olahraga di rumah atau di tempat bekerja, seperti naik turun tangga selama 30 menit, senam aerobik, atau nge-gym dengan peralatan pribadi.
  • Perhatikan makanan. Karena cuaca yang dingin, perut lebih sering lapar dan ingin makan. Pilih makanan yang sehat. Bisa dengan makan buah segar atau makan olahan sendiri. Bila harus beli makanan di luar rumah, pastikan makanan tersebut aman, bersih, dan sehat. Tidak harus makanan yang mahal kok.
  • Istirahat yang cukup. Menjelang akhir tahun umumnya para karyawan atau pengusaha lebih sibuk. Nah..pastikan pekerjaan tidak mengganggu jadwal istirahat. Begadang adalah salah satu pemicu menurunnya kondisi kesehatan. Tidurlah yang cukup pada jam tidur agar kondisi badan tetap fit.
  • Hindari stress. Musim hujan bisa bikin stress?Bisa donk..karena hujan beberapa pekerjaan jadi tertunda, dan membuat stress. Tetaplah berpikir positif dan yakin segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.
  • Minum suplemen bila perlu. Makanan atau minuman tambahan bisa jadi diperlukan bila kondisi tubuh memang membutuhkannya. Utamakan makanan dan minuman suplemen yang berasal dari bahan herbal. Tapi selagi masih bisa diatasi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat, makanan atau minuman suplemen tidak diperlukan.
  • Bawalah pakaian cadangan dan handuk kecil ketika bepergian (termasuk ke tempat kerja). Ini menjaga agar bila kehujanan bisa langsung berganti pakaian kering.

Selamat menikmati hari-hari di musim hujan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s