Mudahnya Membuat Kue Shortbread

Libur akhir semester sudah di depan mata. Selain menyiapkan kegiatan untuk liburan, yang gak kalah penting untuk disiapkan adalah makanan. Gak libur aja yang namanya snack harus selalu tersedia, apalagi libur… Makanya sebelum libur tiba saya sudah siap-siap bahan-bahan untuk membuat kue. Anak-anak kan suka banget kalau ada acara bikin-bikin kue… Saya paling suka bikin kue yang simpel, bahannya gak terlalu aneh-aneh…tapi rasanya dijamin gak nyesel hehe.

Tadinya saya mau buat Cookies Topping Chocochip nya mbak Afin Yulia. Bahan sudah lengkap. Tapi terus saya baca postingan mbak Azee Bell di grup Facebook Ikatan Alumni UB Malang. Issshhh kuenya simpel buangeeeettt, bahan yang saya punya juga cukup banget…lebih malah kalao untuk nyobain 1 resep. Namanya Shortbread Cookies. Bahan-bahannya (resep asli dari Nikmatul Rosidah) gula halus 100 g, maizena 60 g, butter suhu ruang 227 g, tepung terigu (Segitiga Biru) atau Kunci Biru 190 g, garam 1/2 sdt. Yang saya buat, bahannya agak beda (menyesuaikan bahan yang ada). Misalnya maizena karena sisa yang ada 70 gram, ya saya pake semua. Butter saya punyanya 100 gram tapi ada mentega 250 gram, ya saya pake menteganya 125 gram an. Nah tepungnya 190 gram saya tambahin dikit karena menyesuaikan kondisi adonan saat diuleni.

Jadi bahan-bahan yang saya pakai sbb:

– Gula halus 100 gram

– Maizena 70 gram

– Butter 100 gram (saya pake yang merk Orchid, lain kali saya mau nyoba yang merk Golden Fern sama Wijsman 🙂 )

– Mentega 125 gram, saya langsung pakai separuh mentega yang sudah timbangan 250 gram, bisa jadi beratnya lebih dari 125 gram :).

– Tepung terigu Segitiga Biru 190 gram (+ cadangan tambahan sekitar 100 gram).

– Garam 1/2 sendok teh

– Gula warna secukupnya (saya beli 100 gram aja masih buanyaaakkk sisanya)     Cara membuat:

1. Ayak tepung, Garam dan maizena, sisihkan. Mixer butter dan mentega selama 2 menit, masukkan gula halus mixer 1 menit. matikan mixer. Masukkan tepung sedikit demi sedikit aduk dengan spatula.

2. Setelah adonan terlihat lembut, uleni adonan di atas plastik lalu tambahkan tepung sampai adonan pas untuk dicetak. Gilas setebal 1 cm (saya buat ada yang lebih tipis).

3. Cetak adonan sesuai selera sampai adonan habis. Tusuk permukaan kue yang sudah dicetak dengan garpu, lalu tambahkan gula warna.

4. Sambil menghias kue dengan gula warna, bisa dipanaskan dulu ovennya. Setelah selesai dihias, oven sudah panas. Panggang kue sampai warnanya kuning kecokelatan (waktunya 40 menitan). Suhunya gak saya ukur..jadi ya sematengnya aja 🙂

5. Kalau sudah kelihatan cokelat pinggirnya, keluarkan kue dari oven dan dinginkan…

Nahhh…kue sudah siap disantap. Ini tadi anak-anak udah gak sabar mau nyobain…masih panas-panas udah dicomot.. 🙂 Alhamdulillah enaaaakkkk…gak alot, gak ancur 🙂 Renyah, kresss gitu..begitu digigit lumer..ada rasa asinnya ada manisnya. Kata kakung Nares : “kayak biskuit yang di toko…” hehehe. Kalau sudah sukses 1 resep ukuran sedikit, barulah saya berani bikin dengan ukuran 1 kg mentega misalnya. Apalagi ini waktunya juga gak lama. total 2 jam lah dari mulai menyiapkan bahan (timbang bahan). Oya..selain pakai gula warna, kue shortbread ini juga bisa dicelup ke cokelat. Duh anak-anak pasti tambah keranjingan dah kalo ada cokelatnya 🙂

Ini kue Shotbreadnya.. :)

Ini kue Shotbreadnya.. 🙂

Kue yang simpel dan enak ini bisa jadi pilihan untuk suguhan Natal dan Tahun Baru loh…Yuk..dicoba..

View on Path

Leave a Reply

