Belajar Menanam

Hari Minggu yang cerah. Sejak semalam Nares dan Kinar sudah wanti-wanti ingin bangun pagi dan menanam (atau menyemai ) benih berbagai jenis tanaman yang baru saya dapet. Beberapa jenis benih diantaranya adalah tanaman yang sudah lama diinginkan Nares dan Kinar, seperti strawberry dan bunga matahari. Mereka penasaran..seperti apa ya tanaman strawberry…seperti apa tanaman bunga matahari. Jadi begitu melihat ada biji-biji dari kedua tanaman itu mereka gak sabar ingin menanamnya.

Sebagai langkah awal mereka saya minta menyiapkan tempat semainya, kebetulan ada beberapa gelas air mineral yang sudah tidak terpakai. Gelas itu saya lubangi pake gunting dan mereka pun penasaran kenapa harus dilubangi…hehehe. Setelah itu mereka sibuk memberi nama masing-masing gelas plus gambar-gambar. Saya membantu mereka mengisi gelas dengan kompos.

Media tanam sudah siap dan benih-benih pilihan mereka siap dieksekusi. Nares mau lemon basil, strawberry, bunga matahari, dan paprika. Kinar memilih paprika, bayam merah, dan markisa merah. Nah saya sendiri memilih jagung hitam dan memble atau melon blewah untuk penanaman kali ini. Setelah biji-biji rebahan cantik di media..pot diletakkan begitu saja di teras. Bismillah…semoga aman dan bisa tumbuh dengan baik sampai berbuah dan bisa menghasilkan benih baru.

Seperti yang diduga sebelumnya, mereka sangat tidak sabar melihat perkembangan benih. Dikit-dikit dilihat sudah tumbuh apa belum…hehehe. Sabar donk, Nak…

Benih yang saya dapet sebenarnya 15 jenis. Tapi sesi pertama ini baru sebagian saja yang disemai. Gak pede juga sih takut gagal hehehe. 15 jenis benih itu saya dapet dari program BBM (Bantuan Bibit Murah) dari sebuah grup di Facebook. Seneng deh rasanya bisa dapet bermacam-macam jenis benih yang unik-unik. Selain penasaran ingin mencoba menanam, Nares dan Kinar juga penasaran ingin tahu seperti apa sih wujud tanamannya, karena ada beberapa jenis yang agak asing..atau pernah tau tanamannya tapi tak tahu namanya. Jadilah kami browsing bareng-bareng di google. Jadi tahu wujud dari tanaman Tabebuia, Globe Amaranth, Amaranthus, Razzamatazz.

Menanam yuk….

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s