Tanaman Wangi di Pekarangan

Bermacam-macam tanaman bisa dihadirkan di pekarangan. Pekarangan sempit atau luas bukan masalah, karena bertanam bisa dilakukan dimana saja. Banyak cara untuk mengatasi keterbatasan lahan. Bisa dengan bertanam di pot, di kaleng bekas, pipa paralon, atau barang-barang bekas lainnya.

Salah satu jenis tanaman yang bisa dihadirkan adalah tanaman beraroma atau yang wangi. Yes..aroma keluar dari bunga tanaman tersebut. Selain melati, ada banyak tanaman yang mengeluarkan aroma sedap terutama di malam hari.

Kemuning (Murraya paniculata)

Tanaman ini sudah lama menjadi penghias pekarangan rumah saya. Yang saya ingat, tanaman kemuning pertama di rumah saya ini asalnya dari rumah nenek di Jogja. Awalnay cuma 1 pot kecil gitu aja. Terus berkembang dan tumbuh, sekarang jadi besaaaarrrr…

Tanaman ini mudah diperbanyak dari biji. Bijinya berwarna hijau lalu berubah menjadi orens setelah tua. Aroma bunganya wangi dan sangat kuat. Karena sekali berbunga jumlahnya banyak, wanginya bisa tercium dalam radius 3-5 meter. Semakin kuat ketika di malam hari..sampai pagi hari. Strong banget. Kamar saya yang paling depan gak perlu tambahan pewangi ruangan deh… 🙂 Kalau bunga ini lagi mekar..waahhh semerbak ke seluruh ruangan.

 

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s