Antara Daun Turi, Maag, dan Kacang Rebus

Saya adalah penggemar sayur. Sayur apa aja selama ini gak ada pantangan. Termasuk daun turi. Ya…daun turi bisa dimakan seperti bunganya. Kebetulan di samping rumah ada pohon turi roboh, jadilah menu makan malam pakai daun turi. Karena terasa enak di mulut, agak pahit dikit, rupanya banyak juga daun turi yang saya makan.

Tapi pagi-pagi perut saya bereaksi. Hmmmm kebanyakan daun turi kah? Atau bumbu kacang yang saya buat sendiri sebagai teman daun turi rebus. Bum bu kacangnya saya tambahkan cuka asli dari nira siwalan. Tapi rasanya bukan dari kacangnya…karena Nares dan Kinar juga makan bumbu kacang tanpa daun turi, dan baik-baik saja.

Ya saya pastikan badai yang melanda perut saya memang karena daun turi. Wah lumayan juga efeknya…perut kembung melilit dan BAB mancur-mancur. Untuk buang anginpun tak berani…karena bukan gas yang terbuang. Akhirnya saya minum obat anti diare. Karena tak mempan, hanya sedikit berkurang BAB nya…saya minum obat pereda sakit. Karena rasa melilitnya datang dan pergi sesuka hati.

Alhamduillah berhasil hilang nyerinya meski saya jadi melekan…hilang rasa kantuk. Tapi .suara kemeluruk dan blukutuk terdengar jelas dalam interval yang berdekatan. Ibarat di botol tabung reaksi gitu…mungkin sedang terjadi proses pelepasan gas. Tapi saya belum berani membuka jalan keluarnya gas. Sampai pagi menjelang…saya coba buka jalan keluar gas. Alhadmdulillah..yang keluar murni benda gas.

Tapi suara-suara gemuruh di perut masih terus muncul. Seperti biasa….saya menguji keampuhan kacang tanah rebus untuk mengatasi gejala ini. Pagi saya makan….langsung berkurang loh. Meski perut bunyi…tak ada rasa sakit yang menyertai. Karena efek daun turi ini lumayan nendang…maka saya merasa perlu makan kacang rebus beberapa kali dalam sehari. Alhamdulillah…tanpa obat pereda rasa sakit….

So far…saya belum nemu efek samping daun turi. Begitu pun dengan manfaat kacang tanah rebus dalam mengatasi gangguan pencernaan. Yang pasti setiap gejala maag yang agak berat muncul..saya langsung makan kacang rebus…dan gejalanya sukses menghilang dalam waktu relatif cepat. Catatan untuk saya pribadi dari kasus kali ini adalah…. jangan banyak-banyak makan daun turi 🙂

2 thoughts on “Antara Daun Turi, Maag, dan Kacang Rebus

    • Iya mbak kacang tanah rebus yang masih Άϑά kulitnya… Saya juga belum tahu pasti apa memang kacang tanah berkhasiat mengatasi maag. Cuma bedasarkan pengalaman beberapa bulan ini maagku sembuh setelah makan kacang rebus dalam waktu relatif singkat. Obat maag lewaaatt 😀 .m

Leave a Reply

