Kamboya Kangean

Madura sangat kaya dengan aneka kuliner, baik itu berupa camilan maupun makanan berat. Citarasa yang khas menjadikan kuliner Madura ‘ngangeni’. Kebanyakan makanan khas Madura rasanya gurih tapi ada juga yang manis. Makanan gurih khas Madura diantaranya keripik,rengginang,kerupuk, dan berbagai macam makanan berat seperti soto dan rujak. Contoh yang manis adalah apen, gettas, dodol, dan jubede.

Setiap daerah atau pulau di Sumenep mempunyai makanan khas masing-masing. Pulau Gili Genting makanan khasnya kue wafel. Kue wafelnya memakai gula merah yang aroma dan citarasanya sangat khas. Saya biasanya tidak terlalu suka sama wafel, tapi begitu ada yang ngasih oleh-oleh wafel dari Gili Genting ini…ketagihan deh….

Makanan lainnya dari Pulau Kangean (4 jam dari Sumenep dengan kapal cepat). Ada beberapa yang khas dari pulau ini. Salah satu yang populer adalah Kamboya. Iya kamboya bukan kamboja…heheh. Makanan ini seperti lemper tapi tanpa isi dan lebih padat. Ketan bersantan ada yang ditambah kacang tolo ada juga yang polosan aja. Kamboya dibungkus daun pisang, dalam 1 bungkus berisi 4-5 bungkus kecil. Rasanya gurih dan enak…

Kamboya ini dulu dibuat untuk bekal berlayar jadi tahan sampai 1 bulan tanpa pengawet. Bisa tahan lama karena dimasak dalam waktu lama juga. Cuma sekarang kamboya tak seawet dulu. Bisa tahan 1 minggu aja udah buaguss buangeett… 🙂 Sekarang ukurannya juga jauh lebih kecil….kurang lebih 1/4 nya yang dulu deh.

Kamboya Kangean (dok.pri)

Kamboya Kangean (dok.pri)

Adakah makanan sejenis kamboya ini di daerahmu?

Advertisements

4 thoughts on “Kamboya Kangean

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s