Tepung Kelor Kaya Manfaat

Tepung Daun Kelor (dok.pri)

Tepung Daun Kelor (dok.pri)

Daun kelor ( Moringa oleifera) sekarang bukan cuma dibuat sayur. Selain dibuat teh, daun kelor juga diolah menjadi tepung kelor. Daun-daun yang sudah kering (dioven bukan dijemur), dihaluskan, lalu dikemas. Tepung kelor (Madura : marongghi) diyakini dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tepung ini aman dipakai oleh ibu hamil atau menyusui dan anak-anak. Bahkan untuk anak-anak sangat disarankan untuk meningkatkan pemenuhan gizi.

Saya sendiri sempat tercengang dengan manfaat daun kelor ini. Secara…sayur ini makanan pokok orang Madura (di Lombok juga begitu), saya makan sejak kecil, sementara masih banyak juga orang yang menganggap daun kelor tidak layak untuk dimakan. Harganya pun murah meriah, bayam ama sawi masih lebih mahal 🙂 Tak cukup dengan jawaban dari sist Wiki..saya jelajah deh..dengan kata kunci Moringa Powder alias Tepung Daun Kelor. Waaahhh..bener-bener luar biasa ternyata.

Apa saja manfaat tepung daun kelor?

Sama dengan manfaat daun kelor, tepung daun kelor memberikan manfaat penyembuhan terhadap berbagai jenis penyakit. Diantaranya diabetes, kanker, HIV, bronchitis, cacingan, dll. Untuk anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, tepung ini bisa menjadi makanan tambahan untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena tepung daun kelor mengandung vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, protein dan berbagai zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk pengidap HIV-AIDS, tepung ini sudah umum dipakai di Afrika dan aman dikonsumsi bila pasien juga memakai ARV. Mereka memakainya sebagai makanan suplemen karena kandungan zat besinya yang sangat tinggi dan kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara mengkonsumsi tepung ini bisa dengan diseduh dengan air hangat (hangat ya…bukan panas..) atau dicampur pada makanan dan minuman 1-2 sendok makan. Oya, untuk kecantikan…tepung ini bisa untuk masker wajah dan lulur. Kulit menjadi bersih dan sehat.

Berbeda dengan teh daun kelor, tepung daun kelor bisa disimpan sampai sekitar 2 tahun. Bila kemasan sudah dibuka, simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Coba yuk ah..

Referensi :

http://www.iasociety.org/Abstracts/A3531.aspx

http://aidsconfronted.groupsite.com/post/moringa-in-hiv-aids-treatment

Advertisements

4 thoughts on “Tepung Kelor Kaya Manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s