Andai Semua Pejabat Seperti Artidjo

artidjo

Sabtu, 20 September 2014

Saya baca koran Kompas..uhuk..jarang-jarang saya baca koran versi cetak.. 😀 karena biasanya saya lebih banyak membaca berita dari internet. Di halaman 5 ada liputan tentang tokoh di bidang hukum yang belakangan ini memberi harapan kalau hukum di Indonesia tidak main-main. Dialah Artidjo Alkostar, tokoh yang dengan beraninya menambah hukuman untuk Angelina Sondakh dari 4 tahun 6 bulan jadi 12 tahun. 2 kali lipat lebih berat. Yang terbaru adalah kasasi mantan presiden PKS yang ditambah jadi 18 tahun dari semula 16 tahun. Wuih…luar biasa. Jadi membayangkan…kira-kira kasus Akil, Atut, Wawan, Anas, Surya Darma Ali, Rudi, Jero, nasibnya bakal kayak apa ya kalo kasasinya ditangani tokoh ini? Bisa jadi bertambah.. bisa jadi tak berani mengajukan kasasi alias puas dengan putusan pengadilan di bawah MA. Hahha..karena kata Kompas :

“setelah tahu Artidjo yang menangani kasusnya, beberapa terdakwa buru-buru mencabut kasasinya bahkan meminta berkas kasasinya tidak diregister sampai Artidjo pensiun”

Bisa dibayangkan nggak…kalau semua aparat ditakuti seperti itu?Kalo hakim-hakim di tingkat Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, hakim Tipikor, dan semua penegak hukum di Indonesia seperti pak Artidjo ini? Oohhh…mungkin yang namanya koruptor akan binasa di negeri tercinta ini. Gak ada yang berani bermain-main menyalahgunakan jabatan.

Sayangnya apa yang dilakukan Artidjo belum bisa dilakukan penegak hukum lainnya. Buktinya, ada koruptor yang dapet remisi. Remisinya fantastis pula, sampai 2 tahunan dan bisa langsung bebas kalau itu benar-benar dikabulkan..Ada juga yang remisinya menghasilkan status bebas bersyarat..Rasanya sia-sia ya ..hukuman berat dijatuhkan tapi toh bisa dimainkan lagi lewat remisi.

Dari yang saya amati, padahal sebenarnya gampang saja orang bisa jadi berani seperti Artidjo. Gak perlu ribet, gak perlu mbulet. Cukup 1 yang utama : takut pada Tuhan. Iya sih…kalau sama Tuhan aja udah gak takut…apalagi sama kita-kita..manusia biasa yang gak punya apa-apa. Semoga semakin banyak orang-orang seperti ini..yang takut sama Tuhan…terutama orang-orang yang dipercaya untuk mengurus bangsa ini. Dan orang-orang seperti ini selalu dalam lindungan Tuhan.

Advertisements

3 thoughts on “Andai Semua Pejabat Seperti Artidjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s