Menulis Untuk Gagasan-Jawa Pos

Gagasan-Jawa Pos-versi cetak

Gagasan-Jawa Pos-versi cetak

Yeahhh…tulisan saya dimuat di rubrik Gagasan Jawa Pos edisi Selasa 26 Agustus 2014. Rubrik ini ada di halaman ketiga Jawa Pos, 1 halaman dengan Opini dan Surat Pembaca. Saya mencoba mengirimkan tulisan dengan tema ekskul anak karena memang kebetulan anak saya baru dapet edaran dari sekolahnya untuk memilih kegiatan ekskul. Sempat agak lama tulisan itu mengendap di folder di laptop. Hehehe, karena sungguh saya kurang percaya diri untuk mengirimkannya dan tidak siap ditolak..haiiisss…

Tulisan itu saya buat sekitar 300 kata agar editornya lebih leluasa mengedit.. 😉 kalau belum diedit jumlah katanya pas 200 seperti yang disyaratkan, kasihan editornya donk..Dia bakal direpotkan mencari kata penggantinya 😀 Seperti yang diulas oleh rekan di Pengurus IIDN, jeng Devy, bila mengirimkan tulisan untuk Gagasan, sertakan data penulis dan CV. Saya menulis nama lengkap, alamat sekarang, pekerjaan, organisasi, no. KTP, no. rekening berikut nama bank dan cabangnya, ID Facebook, ID Twitter, URL Blog. Saya tidak menyertakan no. NPWP karena memang lupa nomer berapa. Saya juga tidak menyertakan foto karena bingung mau yang mana xixixi.. Tulisan dan data saya jadikan 1 file dan di attach ke email. Subyek email : Gagasan : Judul tulisan, di badan email kasi sedikit pengantar. Nah…kirim email ke opini@jawapos.co.id. Kirim deh…

Saya kirim Minggu 24 Agustus 2014 malam, Alhamdulilah Selasa (26 Agustus 2014) tulisan yang menurut saya sangat sederhana ini udah dimuat (tanpa pemberitahuan). Tapi saya tahunya setelah beberapa hari karena ada pembaca yang kirim email dan merespon tulisan saya… Well…ini pertama kali saya kirim ke media… xixixi.

Gagasan - Jawa Pos - versi Online

Gagasan – Jawa Pos – versi Online

Tentang Ekskul

Tulisan saya itu dibuat setelah saya membantu Nares memilihkan kegiatan ekskul. Sejak kelas 1 SD Nares memilih ekskul menari. Hmmm…dia suka banget nari.. Tampil di pentas dan memakai make up alasan lain dia pilih ekskul menari. Hehe..entah anak-anak suka banget ya pakai make up…pengennya pake lipstik dan eyeshadow kalo ada acara tertentu. Saya pernah bilang kalau make up lengkap untuk anak-anak dipake pas tampil di pentas aja..kalo orang dewasa pake make up nya ya kalau kondangan..Jadilah Nares menunggu saat-saat pentas, saatnya ber make-up lengkap..

Ini beberapa gambar yang diambil mulai dari persiapan sampai selesai acara..betah euy pake make up….

Nares Pentas :)

Nares Pentas 🙂

Nah..kelas 2 ini dia keukeuh mau ikut ekskul menari lagi. Ya sudahlah…its okay… Nares juga bilang kalau selain menari, ada fashion show juga dan dia dengan riang gembira ikut. Hmmm…untuk fashion show ini Nares pernah bertanya, “Bunda boleh nggak aku ikut fashion show…?” Saya jawab boleh…asal pakaiannya pakaian muslim, bukan celana atau rok pendek dan baju-baju bahannya minim. Alhamdulillah dia setuju.. 🙂 Eits..ada 1 syarat lagi…harus rajin belajar. Kalau belajarnya ogah-ogahan..narinya ntar-ntar aja ya… ;). Hehehe…semoga syarat-syarat itu membuatnya lebih semangat belajar.

30 thoughts on “Menulis Untuk Gagasan-Jawa Pos

  1. Wah…selamat ya Mak atas dimuatnya tulisan di Jawa Pos… Aku pengen juga nih nulis gagasan, ntar deh aku coba kirimkan setelah tulisannya jadi… Tetapi di kotaku Palembang koran Jawa Pos gak beredar kecuali kalau kita berlangganan… Jadinya kita sulit ya untuk mengontrol dan mengetahui apakah tulisan yang kita kirim dimuat atau ditolak? Ataukah kita bisa tanyakan melalui emailnya mengenai perihal pemuatan tulisan? Etis gak ya bila kita nanya2 ke redaksinya pengen tahu aja kelanjutan naskah tulisan?

  2. rubrik gagasan masih tersedia g mbk sampai sekarang..? soalnya beberapa kali sya beli jawa pos cetak g pernah nemuin gagasan..

Leave a Reply

