BRI Kembalikan Uang Saya

Kisah ini berawal ketika pembelian token listrik sedang tidak bisa dilakukan di beberapa merchant seperti  Indomaret, Alfamart, dan penjual token lainnya. Token hanya bisa dibeli di loket PLN  (yang tidak 24 jam 7 hari bukanya), ATM BRI dan ATM Bank Mandiri. Intinya ribet lah beli token. Apalagi saya gak punya rekening Mandiri, hanya BRI dan BCA. BRI sering sekali gangguan terutama pada saat week end.

Termasuk ketika saya bertransaksi di ATM BRI Kantor Cabang  Sumenep pada hari Sabtu 10 Mei 2014 jam 20:09:50 (sesuai yang tercetak pada struk ATM) senilai 50.000 IDR (lima puluh ribu rupiah) saja. Selesai transaksi saya tidak cek nomer token dan tidak langsung mengisikan token. Baru besok paginya Minggu 11 Mei 2014 saya liat struk untuk isi token.Ternyata terdapat tulisan ‘Transaksi Anda sedang diproses untuk mendapatkan nomer token, Silahkan menggunakan menu cetak token dengan memasukkan nomer meter dan nomer referensi pada struk ini. Duhh pagi-pagi sekali saya harus meluncur  ke ATM BRI Cabang Sumenep lagi. Daaann…3 mesin ATM meresponnya dengan ‘Transaksi Anda Gagal’.

Kegagalan transaksi tersebut saya laporkan ke Call BRI 02157987400, dicatat dengan no. referensi 200175506090, selanjutnya saya diminta menunggu kabar dari BRI dan BRI akan mengklaim PLN untuk mengembalikan dananya. Beberapa hari kemudian saya dihubungi 02157932928 atas nama Duta BRI (kalau saya tidak salah dengar waktu itu). Tapi telpon putus-putus..dan akhirnya putus beneran. Dan tidak ada telpon lagi sampai hampir seminggu.

Saya kemudian mencoba menanyakan ke CS di BRI cabang Sumenep. Setelah saya jelaskan kepada CS, CS menyarankan saya bertanya pada Call Center..hehehe..saya pikir dengan menemui CS lebih mudah dan jelas ternyata tidak… Saya nyaris putus asa… Kemudian saya disarankan untuk menemui Supervisor CS atau  Layanan Kantor Cabang Sumenep. Akhirnya saya temui Supervisor Layanan BRI Kantor Cabang Sumenep. Dari pengecekan pihak BRI, diketahui tidak ada transaksi di rekening saya pada tanggal 10 Mei 2014 jam 20:09:50. Nahlo..padahal struknya keluar dan saldo saya berkurang. Pada catatan BRI tertulis transaksi terjadi pada hari Minggu 11 Mei 2014 siang (jamnya saya tidak lihat). Setelah dibuatkan laporan pada tanggal 16 Mei 2014. Saya diminta untuk menunggu dan cek lagi sampai 4 hari kerja. Okelah..

Tanggal 23 Mei 2014 (5 hari kerja setelah laporan dibuat)saya menghubungi Supervisor Layanan dan mendapat jawaban masih dicek. Okelah…Karena  sampai tanggal 26 Mei 2014 saya belum dapat kabar apa-apa, saya coba hubungi lagi Supervisor Layanan tersebut, tidak ada respon. Okelah..Pihak BRI lainnya juga tidak ada yang bisa memberikan jawaban apa sebenarnya yang terjadi dengan transaksi tanggal 10 Mei tersebut dan bagaimana nasib 50.000 IDR yang katanya akan dikembalikan. Ya..saya sudah berniat mengiklaskan sajalah…cuma 50.000 ini… Tapi di sisi lain saya pengen mencoba sejauh mana hasil proses komplain seperti ini. Berakhir tanpa kejelasan atau sebaliknya?

Setelah menunggu dengan sabar, awal Juni akhirnya saya mendapat SMS bahwa aduan saya sudah diselesaikan dan uang 50.000 akan ditransfer ke rekening BRI saya. Alhamdulillah senangnya…Ternyata ada hasilnya mondar mandir ke Kantor Cabang BRI. Meskipun uang yang terpotong baru ditransfer sekitar 2 hari setelah saya menerima SMS dari BRI tersebut, saya lega..Lumayan kan 50.000 buat naik odong-odong Nares dan Kinar…hehehe. Trims ya BRI.

Advertisements

7 thoughts on “BRI Kembalikan Uang Saya

  1. Pingback: IdeKu untuk PLN | dianesuryaman

  2. Saya juga mengalami hal yg sama, di hari yg sama yaitu sabtu. Lalu saya cepat” mencari apakah ada solusi di google. Stlah sekian lama termyata gk ada. Lalu saya menukan blog ini dan ceritanya pun sama. Saya masih bingung dgn hal ini, semoga uang saya bisa kembali. Kalau tidak, mungkin harus dilanjutkan dan diproses.

  3. Saya barusan beli yg 50ribu. biasanya sih lancar jaya . eh malah sekarang kayak gini.
    jadi harus telpon CS biar dibalikin ya mba uangnya???
    lumayan soalnya 50rb. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s