Peduli Lingkungan Itu Nggak Ribet

Our Earth

Our Earth

Pandanglah bulatan berwarna biru tempat kita tinggal ini. Bulatan yang tak ada artinya diantara ribuan bahkan jutaan benda angkasa lainnya. Bulatan yang sudah berumur jutaan tahun, menjadi tempat hidup bagi jutaan anak manusia. Ketika umur bumi semakin tua sementara perilaku penghuninya tak sadar akan tuanya bumi..apa yang akan terjadi?Ah..Entahlah..saya sendiri ngeri membayangkannya.

Ketika ada selembar kertas di hadapan saya, otak saya sering tiba-tiba berputar dan berkelana..ke hutan-hutan tempat kertas itu berasal. Jutaan pohon ditebang, ribuan hektar digunduli, demi lembar-lembar kertas yang berakhir di tong sampah. Ah…sayang sekali ya… Apalagi kalo ingat..akibat dari penggundulan hutan untuk kertas-kertas itu..aduhhh… Mulai dari banjir, longsor, kekeringan, sampai berlubangnya lapisan ozone. Rasanya pengen banget ada industri kertas bekas berskala besar gitu ya…yang gak perlu menebang pohon lagi untuk menghasilkan kertas.

Kita memang tak bisa menghindari penggunaan kertas. Tapi menguranginya, pasti bisa. Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas-kertas baru?Yang gak pake ribet gitu…Coba deh langkah-langkah ini :

Contoh Undangan

Contoh Undangan

Undangan : Ya, untuk undangan-undangan yang sifatnya rutin atau tidak terlalu formal, paperless alias tanpa kertas bisa banget kan…Kalau email kan sudah umum dipakai..Ditambah sekarang henpon-henpon pintar bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus tanpa pembatasan karakter. Untuk undangan formal, bisa juga pakai kertas bekas. Gak malu tuh? Nggak lah..kan bisa kita cantumkan logo reuse/recycle di undangan tersebut. Malah nilainya jadi lebih..kampanye hemat sekaligus kampanye lingkungan..Gak pake ribet kan…? 🙂

Logo R3

Logo R3

Catatan atau laporan : kalau terbiasa mencatat atau membuat laporan jangan ragu untuk memakai kertas bekas yang masih kosong bagian belakangnya. Biasanya di perkantoran nih..kertas-kertas dengan kualitas bagus dibiarkan saja 1 sisi di belakangnya kosong, lalu masuk mesin penghancur kertas..aahhh sayang bangeeettt. Kertas-kertas itu masih bisa kan dibuat memo. Dipotong-potong sesuai ukuran yang dibutuhkan, bisa dijepit begitu saja dengan penjepit kertas, bisa juga dijilid, yang penting mudah dipakai. Untuk laporan keuangan, biasanya yang terbiasa menempelkan arsip nota, bisa banget kan memakai kertas bekas?Tinggal tempelkan kertas-kertas nota di bagian kertas bekas yang masih kosong, meski sebenarnya bagian yang sudah ada tulisannya pun bisa juga dipakai.
Penggunaan kertas bekas untuk catatan atau laporan semacam ini sebenarnya bisa juga diterapkan di sekolah-sekolah mulai TK sampai perguruan tinggi. Para guru atau dosen tinggal menyuruh siswanya mencatat semua pelajaran atau bahkan mengerjakan tugas-tugas di atas kertas bekas. Wow banget deh kalau semua lembaga pendidikan bisa menerapkan hal ini. Eh..menggalakkan tugas-tugas sekolah lewat blog juga keren kan…totally paperless!

Serbet kertas atau tisu : boleh kan di setiap acara memakai tisu dari kertas bekas. Tinggal dilipat yang rapi seperti tisu biasa..Penggunaan logo re-used sangat membantu agar orang lain paham bahwa tuan rumah sedang mengkampanyekan hemat kertas..

IMG02708-20140206-1519

Contoh Serbet atau Tisu Makan (dok.pri)

Pemanfaatan teknologi : maksudnya…sarana internet itu kan sangat membantu pengurangan pemakaian kertas..Manfaatkan sebaik-baiknya. Bukan hanya untuk email..tapi juga e-book, e-receipt, e-newspaper, e-magazine, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Contoh E-Magazine

Contoh E-Magazine

Transaksi online: ini juga sangat membantu..karena semua bukti-bukti transaksi disediakan tanpa kertas. Lebih aman kan nyimpennya juga gak ribet.. Begitu juga dengan transfer, manfaatkan betul fasilitas mobile banking atau internet banking. Lebih cepat plus gak pake ribet kan..Itung-itung gak perlu bahan bakar untuk ke ATM atau bank..heheh. Ketika bertransaksi di ATM kalau untuk penarikan tunai, selagi jumlah yang diinginkan tertera di layar ATM, pilih saja nominal yang ada. Dengan begitu mesin ATM tak perlu mencetak kertas transaksi. Kalo yang seperti ini rasanya memang sedang digalakkan oleh pemerintah terkait.

Contoh Transaksi Paperless

Contoh Transaksi Paperless

Jual ke Tukang Loak : ini langkah terakhir kalau kertas-kertas yang kita punya sudah mentok gak bisa dipakai lagi semua sisinya. Kumpulkan kertas-kertas itu, serahkan pada ahlinya… 🙂 eh..maksudnya serahkan pada tukang loak yang biasanya membeli dengan harga lumayan. Setidaknya kertas-kertas itu tidak berakhir di tempat sampah atau penghancur kertas. Biarkan tukang loak mendistribusikan kertas bekas itu ke tempat yang lebih layak. Atau mau mengolah menjadi kertas baru?Boleh bangeet…kertas daur ulang yang dipakai untuk keperluan eksklusif tentu memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Kertas Loak

Kertas Loak

Banyak ya ternyata yang bisa dilakukan untuk menghemat kertas..Gak pake ribet pula…Ya..ribet di awalnya aja..Kalo sudah terbiasa kan semuanya jadi mudah…Hanya langkah kecil..tapi kalau dilakukan jutaan orang di muka bumi..wah…pasti hasilnya nyata..

Advertisements

8 thoughts on “Peduli Lingkungan Itu Nggak Ribet

  1. hai mak salam kenal…dari Madurakah??? kalo iya,,berarti sama,,,saya Madura juga,,,Btw,,,saya suka tisu dari kertas bekasnya,,,super sekali,,benar-benar penghematan ya,,,andai semua orang seperti itu,,,apa jadinya dunia ini,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s