Bunga Kantil

Pagi yang sejuk selepas hujan deras turun..Saya tertarik melihat warna bunga putih yang menyembul dari sela hijaunya daun. Ahaaa…si Kantil berbunga. Hampir semua ujung ranting dan cabang dipenuhi bunga. Saya pun memetiknya. Wangi…

KANTIL 2

Bunga Kantil (Michelia alba) yang berwarna putih dikenal juga dengan nama bunga Cempaka Putih. Cempaka lainnya ada nggak..? Ada..Cempaka Kuning.  Cempaka putih mahkota bunga nya berwarna putih, bertekstur halus, dan kaku. Kalau Cempaka Kuning ya kelopaknya berwarna kuning.

Bunga ini biasa bersanding dengan melati, mawar, kenanga, dan irisan daun pandan. Hehehe, itu kalau digunakan sebagai bunga ziarah atau keperluan sejenis. Kalau di Madura, biasanya juga dimanfaatkan sebagai campuran dupa (dupa manten) dan bedak maupun lulur tradisional. Aromanya memang khas sekali..baik yang sudah mekar maupun yang masih kuncup.

Selain dimanfaatkan aromanya, Kantil juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Kalau untuk obat, saya belum pernah coba. Tapi beberapa referensi menyebutkan, tanaman ini bisa untuk obat bronkhitis, keputihan, vertigo, prostat, dan disentri.

Tanaman Kantil atau Cempaka di rumah saya ini sebelumnya ditanam di pot. Cukup lama tak bisa tumbuh dengan baik, nyaris mati. Tapi setelah dipindah ke tanah, tanaman tumbuh dengan sangat menggembirakan dan akhirnya rajin berbunga.

Bunga Kantil di rumah saya tingginya baru sekitar 3 meter. Aslinya tinggi tanaman ini bisa mencapai 30 meter. Tanaman setinggi itu pastilah sangat cocok sebagai pelindung dari terpaan angin. Pohonnya yang rimbun membuat tanaman berdaun  tunggal ini juga baik digunakan sebagai tanaman peneduh.

Pohon yang rimbun, tinggi, wangi..hmmm..paduan yang komplit sebagai tanaman yang disukai makhluk halus *halah*. Kesan seperti itu memang melekat pada pohon Kantil ini. Apalagi bunganya juga sering dimanfaatkan sebagai pelengkap ritual-ritual mistis.. Percaya atau tidak..ya kembali kita masing-masing aja….Kalau tanaman banyak manfaatnya, terutama sebagai penyimpan air dan penyejuk udara, masak iya harus disingkirkan?

KANTIL1

24 thoughts on “Bunga Kantil

  1. rupanya pohon cempaka ini tinggi juga, yaa? Saya pernah lihat, tapi tidak sampe 3 meter. Betul, bunganya cantik dan berkelopak agak tebal ya. Kantil? hehe … baru denger nih, nama yang nJawani.

  2. Poko ya yang ada d poto itu aja mba. Yang. Saya butuhin Ώyå kalo bisa saya minta nomer hp atw ƍäª pin bb biar jelas .komunikasiny

  3. Kalo bnga kantil putih d saya mah. Mekarnya itu berwarna kuning tp ♈ªϞƍ saya lihat [d̲̅i̲̅] poto mba mekarnya ko putih keungu2an .yang saya cari percis banget yang ada d gambar mba .

  4. mbak apa itu kantil ungu ya? kok keungu unguan gt?
    ini saya cri kantil ungu mbak…tolong invite pin saya 583F897D .
    saya lg butuh bgt kantil ungunya…makasi

Leave a Reply

