Dongeng Sebelum Tidur

Timun Mas

Bunda: oke..sekarang cerita tentang Timun Mas..Di sebuah desa di tepi hutan..

Kinar: Pada suatu harinya belum Bunda..

 Bunda: oiya..pada suatu hari di sebuah desa di tepi hutan..

Begitulah rutinitas saya dan anak-anak sebelum tidur. Mereka yang memilih ceritanya..Kalau saya lagi ‘mood’ saya oke-oke saja mendongeng sesuai topik yang mereka pilih. Mulai dari topik ‘ikut pawai’,’berlibur ke pantai’,’menanam pohon’,banyak deh pokoknya.

Ketika ada tokoh baru yang saya kenalkan, mereka pasti penasaran..Misalnya Timun Mas itu tadi..Waktu pertama kali saya dongengkan, esok harinya Nares bertanya : Timun Mas itu seperti apa, rambutnya bagaimana, perempuan umur berapa, sekolahnya apa, bajunya gemana..Akhirnya..dia menyodorkan kertas dan pensil..”Gambar Timun Mas Bun…” gubraks…

Ketika saya ceritakan lagi tentang Timun Mas, mereka sempat meminta topik lain dengan tokoh Timun Mas. Timun Mas belajar naik sepeda, Timun Mas berlibur ke pantai, Timun Mas ikut pawai..*help….help..*

“Wah …Timun Mas ya ceritanya itu aja…setelah raksasanya mati..ya mereka hidup bahagia, aman, sejahtera…” 😀 *alesan Bundanya males mikir*

*

IMG01772-20130925-0950 Berdongeng sebelum tidur baru saya lakukan beberapa bulan terakhir. Sebelumnya saya sempat bacakan buku cerita. Tapi   tampaknya mereka bosan bahkan si Kinar sampai nyaris hapal alur cerita dari buku yang saya bacakan. Kadang mereka juga berebut buku yang mana dulu yang dibacakan. Beberapa bulan kemudian, mereka meminta agar saya bercerita tanpa memakai buku. Cumaaaa…saya agak merasa bersalah ketika harus ‘keluar’ dari alur cerita kalau harus tanpa buku. Misalnya Cinderella, pasti cerita yang saya buat beda dengan cerita aslinya (karena memang saya gak hapal-hapal amat) dan merekapun protes.. 😀 Setelah dijelaskan sedikit..mereka bisa yakin juga..kalo ceritanya memang tidaklah harus sama.

Tapi suatu ketika saya terpikir untuk menciptakan tokoh baru yang bisa membuat saya lebih leluasa bercerita dan tidak terpaku pada kisah yang sudah baku. Terciptalah tokoh 2 orang anak perempuan yang seumuran Nares dan Kinar 🙂 Namanya FLORA dan FLORI. Agak susah ya nyebut namanya.. Tak apalah..dari nama itu saya ingin anak-anak terbiasa dengan istilah ‘flora’ atau tanaman.

Edisi pertama cerita tentang Flora dan Flori ini adalah tentang ‘Jalan-jalan ke Hutan’.Pengennya sih…dari cerita ini..anak-anak saya jadi penasaran dan tidak asing lagi dengan hutan, tanaman, alam..Meskipun kisahnya ya tidak melulu tentang alam. Ya itu tadi..temanya by request..bisa belajar naik sepeda, ikut pawai, belajar menari, berlibur ke pantai, berlibur ke Surabaya, ke Jogja, berlibur naik kereta..de-el-el.

Muatannya apa?Ya..yang simpel-simpel aja..Saya hanya menyelipkan salah satu kegiatan ibadah dalam setiap cerita. Misalnya ‘suatu sore..setelah Flora dan Flori tidur siang..mereka bangun..gak pake rewel..langsung mandi sore dan solat ashar..tertib dan gak pake berebut..’

Dalam suasana kamar yang temaram, saya akhiri dengan cerita bahwa Flora dan Flori mau istirahat dulu..atau tidur dulu..begitu juga Nares dan Kinar…Sampai jumpa besok ya.. Nares dan Kinar pun langsung baca doa sebelum tidur..sesekali bertanya tentang apa yang saya ceritakan. Oya, tak lupa Nares dan Kinar mendekati saya dan mencium pipi kiri dan kanan serta kening saya..saya memeluk mereka.

“I love You Bunda..”

“I Love You too kakak..I love you too adek..”

Semoga Allah selalu melindungi kalian..menjadikan kalian anak-anak soleha..Amin..

09102010066

Advertisements

7 thoughts on “Dongeng Sebelum Tidur

  1. ah mak.. samaan nih ama anak saya.. cerita dulu sebelum tidur.. sekarang dia lagi suka banget cerita dari seri franklin.. dan maunya saya terus yang bacain, dibacain bapake ga pernah mau…zzzzzzzzz… soalnya kadang saya ceritanya suka pake back sound (pake mulut) yang akhirnya malah kami berdua ngikik-ngikik dan anaknya malah ga jadi tidur….zzzzzzzzzzzzzzz…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s