Melawan Malas Nulis

 

Hiyaaa..nulis lagi…untuk ikutan GA lagi…Padahal niatnya nulis yang gak pake tujuan lomba, kompetisi, atau GA apapun..Tapi..ya lihatlah…lagi-lagi menulis berdasarkan ‘pesanan’ 😀 . Tak apalah…sementara dijalani aja..daripada tidak sama sekali..Bukan begitu..?

Awal saya aktif menulis di dunia maya..di blog Friendster. Waktu itu sekitar tahun 2003-2005 an lah…saya masih kerja di sebuah radio swasta di Pamekasan-Madura. Hampir setiap hari saya bisa posting tentang apa saja..kejadian apa saja yang saya alami..bisa jadi tulisan. Apalagi beberapa teman menilai tulisannya waktu itu enak dibaca…huhu…mekar nih kuping.. 😀

Tahun 2006 saya pindah ke Jakarta karena diterima bekerja di Internews Indonesia.. Ini adalah salah satu mimpi saya yang tercapai..menjadi bagian penting dari sebuah lembaga yang cukup berperan dalam pengembangan media di Indonesia (khususnya radio). Nah..sebagai junior editor di Internews, saya dapet tugas supervisi proses pembuatan radio feature yang dilakukan radio-radio partner di Jawa-Sumatera. Nahh..mestinyaaa…saya punya bahan tulisan yang buanyaaaaakkkk kan??? Secara….dalam sebulan minimal saya berkunjung ke 2 daerah dan ikut liputan reporter radio daerah. Dari wawancara mereka aja sudah bisa jadi bahan kan? Sekali datang ke daerah..ada 2-3 topik materi feature yang beda-beda mulai sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Tapi kenyataannya….tak satu tulisanpun saya buat selama saya kerja di Internews..paraaahhhhh… Waktu ada, sarana ada, bahan ada…trus kenapa gak bisa juga..? Niat lah ya…

Padahal waktu itu Program Director, mas Eric Sasono, selalu berpesan untuk membuat tulisan setiap kami para editor pulang dari daerah. Ya..saya manggut-manggut aja..Tapi entah kenapa gak ada satu tulisanpun yang jadi.

Wal hasil sampai tugas di Internews selesai (2007) dan saya off dari dunia kerja..datanglah kerinduan pada dunia lama..menulis. Tapi ya..lagi-lagi..belum bisa juga menulis seperti sedia kala. Saya hanya sempat memindahkan salah satu tulisan saya di Friendster ke note Facebook. Tulisannya sudah saya repost disini

Dari jejak arsip di Facebook, saya lihat ada 3 tulisan saya yang diupload tahun 2011. Lumayan aktif ya tahun 2011 hehe…Nah pada tahun 2011 itu saya juga kayaknya pernah bikin beberapa blog..di blogspot dan Kompasiana. Nah di blogspot saya lupa nama nya..dan memang tidak pernah posting lagi disana. Di Kompasiana gemana? Well..saya baru buka-buka akun Kompasiana saya..dan tercatat buka akunnya mulai Mei 2011..baru saya isi tulisan 2013 ini..hahahaha…malasss…malassss.

Dan akhirnya pada tahun 2013 inilah saya seperti ‘reborn’..Menjadikan tulisan sebagai sarana belajar sekaligus berbagi. Saya buat akun di wordpress ini bulan April lalu.. masih baru banget yak.. 🙂 Jangan heran kalo blog saya ini gundulan aja..alias gersang..alias gak dihias apa-apa…Masih belajar..Haha..jangankan menghias blog…menulis aja malasnya gak ketulungan… Sebagai mantan pewarta radio yang dituntut menulis sesimpel mungkin (ehhmm…katanya profesi jurnalis itu gak ada istilah mantan atau pensiunan yak..) pastilah bisa menilai sesuatu bisa dijadikan tulisan atau tidak…rasanya hampir semua hal bisa jadi bahan. Liat anak nangis..bisa jadi bahan… liat anak sekolah..bisa jadi bahan..liat becak bisa jadi bahan..liat anak SMP setir motor..bisa jadi bahan dan kebayang apa yang mau dibahas… Nah..sayangnya…semua itu hanya sebatas mimpi…ehh maksudnya hanya sebatas ide di kepala dan di hati. Gak ada eksekusi.

That’s it…EKSEKUSI!! Karena kalo sudah ada ide..biasanya menulis pastilah lancar..tau-tau dah jadi berapa halaman…gitu. Tapi kalo lagi gak ada ide…wahhh..mau berjam-jam atao berhari-hari di depan laptop juga gak akan bisa nulis 1 kata pun…hehehe itu kalo saya loh ya..

Jadi biar tetep eksis nge blog harusnya gemana donk….

Kalo saya sih…yang pertama dan utama itu niat! Kalo udah niat…kendala apapun akan dilibas…

Nah kedua,  baca…  Saya akui…minat baca saya tidak seheboh dulu..apalagi yang namanya buku. Tapi kalau baca-baca koran, majalah, atau bacaan lain di media online…masih ada lah minatnya.. Padahal membaca ini salah satu kunci sukses menulis…bukan begitu? Ya, silahkan rajin-rajin baca deh kalau niat mau nulis yang bagus.. J

Berikutnya..kalau kita punya kesempatan atau punya sarana untuk ber online ria..manfaatkanlah untuk menjelajah dari situs satu ke situs lainnya…dengan cara ini biasanya sih kalau saya jadi termotivasi untuk menulis…bisa jadi menulis langsung di blog nya atau menulis di word dulu..barulah di publish di blog atau note facebook…

Niat udah…baca udah…browsing-browsing udah…nulis udah mulai…Selessiakan tulisannya…:D yap..kadang saya sendiri begitu…udah niat nulis…begitu nulis…belum selesai..ada sesuatu harus ninggalin leptop.. begitu balik lagi…lupa yang mau ditulis apa…J semangatnya juga udah beda…Meskipun gak semua tulisan begitu kasusnya… Tulisan ini contoh yang saya buat tidak dalam 1 kali tulis.. Kadang saya gak tutup file nya..jadi begitu saya di depan laptop gak perlu cari-cari file…kadang cari-cari file bikin saya males nerusin menulis..:p Alesan aada  ajah..

Kalau sudah selesai menulisnya..buru-buru deh di publish..:) sebelum alesan lain muncul… Yang belum ada gambar lah..yang belum diedit lah…intinya belum komplit.. :p Saya kadang buru-buru publish ya untuk menghindari alasan-alasan yang bisa muncul itu tadi..:D Toh nanti bisa diedit kalau mau dipercantik dengan gambar…Kecuali yang posting untuk lomba-lomba gitu yak…tapi klo udah keuber deadline sih…yang penting posting dulu lah…dipercantiknya..setelah posting gapapa…asal belum di daftarkan ke panitia yak..xixixi

Kalau sudah di publish…nah..tinggal di share deh…Meskipun sudah ada fasilitas share otomatis ke FB,Twitter, Linkedin, dll.. Postingan bisa dishare lebih luas lagi ke grup-grup di FB..atau dengan mention ke twitter siapa gitu yang banyak followernya untuk kemudian di retwit. Dengan begitu orang akan banyak yang baca postingan kita. Sukur-sukur dikomentari..sekalian di follow..hehe..

Kalau sudah begitu biasanya sedikit sekali alasan untuk tidak menulis lagi…kalaupun ternyata masih jarang posting atau malah nganggur blognya..ya..kembali ke Pasal 1 tadi..Niat!Nawaitu!

“Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog”

11 thoughts on “Melawan Malas Nulis

  1. Mantab sis, mantab….sebenarnya banyak dr kita kita yg ingin mengeluarkan isi pikiran dan hatinya, hal itu diwujudkan paling banyak melaui ‘lisan’ krn lbh gampang dan tdk menggunakan alat bantu selain “congor”, sementara dengan “tulisan” mesti menggunakan alat bantu, tapi akan lama terdokumentasi..sebagai sahabat dan saudara dalam sebuah kebersamaan dimasa lalu, saat ini aku hanya bisa memberi semangat utk terus menekuni hal yang memyenangkan ini…good luck, have fun

  2. Pingback: 2nd Give Away Closed

Leave a Reply

