Enjoy Jakarta, Enjoy The Diplomatic City of ASEAN

Yipppiiiieeee sampai juga di garis finish….Yes..ini tantangan terakhir..hari ke-10 #10daysforASEAN..Waktunya ngomongin ‘diri sendiri’..Tantangannya adalah…..

  • Tema : Jakarta, Diplomatic City of ASEAN
  • Indonesia adalah negara terakhir yang dijadikan tema dalam lomba Blog #10DaysforASEAN yang diadakan oleh ASEAN Blogger Chapter Indonesia bersama dengan beberapa sponsor di antaranya US Mission.
  • Untuk tema kali ini dipilih Jakarta, ibukota negara Indonesia, yang juga menjadi markas ASEAN Secretary bertempat di Jalan Sisingamangaraja 70 A, Jakarta Selatan.  Keberadaan markas ASEAN Secretary di Jakarta merupakan suatu kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjadi penghubung antar negara-negara anggota ASEAN atau Diplomatic City of ASEAN.
  • Menurut teman-teman blogger mengapa Jakarta bisa terpilih sebagai Diplomatic City of ASEAN? Apa dampak positif dan negatifnya bagi Indonesia khususnya Jakarta? Kesiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh Jakarta sebagai tuan rumah dari Perhimpunan Bangsa-bangsa ASEAN?

 

Waaahhh..ada Jokowi di blog ku… J

Inilah The Rising Star nya Asia..Joko Widodo alias Jokowi. Gubernur Jakarta yang belum tergoda untuk dicalonkan atau mencalonkan diri sebagai presiden untuk 2014 nanti. Padahal berbagai lembaga survey menempatkan Jokowi di tempat teratas. Bikin calon lain yang sudah kelewat percaya diri kebakaran jenggot deh..

Tugas Jokowi membenahi Jakarta (bersama Ahok tentunya) memang tidaklah gampang. Butuh waktu dan proses yang tidak sederhana, mengingat keparahan masalah-masalah di Jakarta terlampau kronis. Tapi Jokowi menjawabnya dengan program-program nyata…mewujudkan Jakarta Baru. Bukannya jakarta tak bisa berubah ternyata..tapi lebih karena pemimpinnya yang mau merubah Jakarta atau tidak. Terbukti, belum setahun saja Jokowi menjabat, pencapaian-pencapaian nyata sudah bisa dilihat masyarakat luas, bukan cuma Jakarta.

Jakarta Baru bukan hanya harapan untuk warga Jakarta. Tapi juga Indonesia. Juga ASEAN.

Yah..kan Jakarta Ibukota ASEAN, Kota Diplomatik nya ASEAN. Kalau jakarta berhasil mengatasi masalah-masalah kronisnya..tentulah negara-negara ASEAN juga akan menikmatinya. Jakarta yang bebas macet, Jakarta yang bebas banjir, Jakarta yang ramah lingkungan, jakarta yang ramah anak, Jakarta yang  sedap dipandang mata…wis pokoknya semua yang bagus-bagus…

Duet pemimpin DKI Jokowi dan Ahok sendiri juga sangat mendukung ketika Jakarta akhirnya menjadi Kota Diplomatik ASEAN yang berperan sebagai pusat saraf ASEAN Community 2015. Setidaknya dari kebutuhan kantor sekretariat sudah direncanakan menjadikan eks gedung Walikota Jakarta Selatan sebagai gedung baru sekretariat ASEAN yang lebih luas. Dan apapun pembenahan yang dilakukan untuk Jakarta akan berdampak langsung terhadap kebutuhan Jakarta sebagai ibukota ASEAN, bukan begitu?

Lalu kenapa Jakarta ya?kenapa Indonesia?Menurut saya sih….Indonesia sudah berperan banyak di ASEAN, termasuk dalam upaya-upaya perdamaian di negara anggota ASEAN. Indonesia kaya dengan sumber daya alam yang pengelolaannya bisa menjadi contoh negara ASEAN. Indonesia negara maritim dan agraris yang sangat luas..sehingga negara-negara ASEAN juga bisa menjadikan Indonesia sebagai laboratorium untuk berbagai macam penelitian untuk kemajuan ASEAN. Indonesia demokratis, ini juga bisa menjadi cermin bagi negara-negara ASEAN.  Kultur sosial, seni, dan budaya Indonesia sangat beragam..tentu saja negara-negara ASEAN bisa belajar dari Indonesia bagaimana cara menjadikannya sebagai aset bangsa.  Kalaupun ada kekurangan dari Indonesia dibanding negara ASEAN lainnya…yah..lihatlah luasnya Indonesia.

Kenapa Jakarta? Masih menurut saya nih…Jakarta itu miniaturnya Indonesia. Semua suku, agama, seni, dan budaya hidup di Jakarta. Multikultur. Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia, akan dengan mudah menunjang upaya-upaya ASEAN dalam mewujudkan ASEAN Economic Community 2015. Semuanya sudah lengkaplah..di Jakarta. Apalagi sekretariat ASEAN juga sudah ada di Jakarta.

Akan banyak sekali dampak positif yang dirasakan Jakarta sebagai Ibukota ASEAN, sebagai Kota Diplomatik. Nantinya Jakarta akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis bagi negara-negara ASEAN, pusat kegiatan-kegiatan politik. Bahkan Jakarta akan menjadi salah satu tujuan wisata diplomatik dunia. Karena semua tahu keberhasilan ASEAN dalam menjaga perdamaian dan membangun perekonomian bersama. Meskipun demikian dampak negatif juga pasti ada, karena adanya peningkatan lalu lintas internasional, segala resiko dari luar tentu akan lebih mudah masuk. Sebanarnya bukan dampak langsung dari ditujuknya Jakarta sebagai Kota Diplomatik, tapi lebih pada imbas dari program-program ASEAN Community itu sendiri. Misalnya kebijakan bebas visa, tentu akan berdampak pada terbukanya peluang perdagangan narkoba dengan lebih leluasa, atau human trafficking. Tapi setiap dampak negatif memang harus sudah disiapkan antisipasinya melalui kebijakan-kebijakan strategis, agar yang menjadi tujuan dari Community ASEAN tercapai dengan sempurna.

Siapkah Jakarta??Siap donk..Jokowi gituloh… 😉 Sudah saya sebutkan tadi, salah satunya adalah perluasan sekretariat yang menjadi kebutuhan penting. Persiapan lainnya tentu saja sudah dilakukan pemerintah DKI dengan menciptakan perubahan-perubahan di hampir seluruh pelosok Jakarta. Bukan Jakarta saja rasanya yang harus mempersiapkan diri, tapi juga Indonesia. Bukankah peningkatan fasilitas di Bandara Internasional Soekarno Hatta adalah kebijakan pemerintah pusat? Bukankah peningkatan sarana transportasi antar propinsi menjadi tanggung jawab pemerintah pusat? Bukankah jaminan listrik dan internet lancar adalah jaminan dari pemerintah pusat ?? Atau Jokowi harus jadi Presiden dulu untuk mempercepat semuanya? 😉

Ketika Jakarta sudah menjadi ibukota ASEAN dan Kota Diplomatik, maka bayangkanlah jakarta seperti New York sebagai ibukota PBB…ohh indahnya……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s