Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan..Yes We Can!

Update tema hari ke-9! 

  • Sudah bisa menduga kan kalau negara yang akan dibahas kali ini adalah negara yang beribukota Bandar Seri Begawan, yang juga juga menjadi negara penyelenggara KTT ASEAN ke-22 pada bulan April 2013 lalu. Dalam KTT ke-22 di Brunei Darussalam itu,  tema yang diangkat adalah “Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan”, dengan pokok perundingan pembangunan badan persatuan ASEAN, dengan tiga pilar yaitu Persatuan Keamanan, Persatuan Ekonomi dan Persatuan Sosial dan Kebudayaan. Pembangunan Badan Persatuan ASEAN itu harus dirampungkan sebelum 31 Desember 2015.
  • Tema: Dengan ketiga pilar tersebut, bagaimana mencapai tujuan pembangunan badan persatuan ASEAN? Mampukah negara-negara ASEAN mewujudkan Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan? 
  • Tuliskan pendapat teman-teman peserta lomba blog #10DaysforASEAN mengenai tema di atas. 

Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan..Yes We Can!

Istilah Badan Persatuan ASEAN tiba-tiba muncul dan mengobrak-abrik memori yang sudah hampir pakem tentang ASEAN selama 9 hari #10daysforASEAN. Kesimpulan saya sih…Badan Persatuan ASEAN itu ya…ASEAN Community itu sendiri..Karena kan ada 3 pilar untuk membentuk Badan Persatuan ASEAN…3 pilar tersebut ya 3 pilar nya ASEAN Community..Political Security Community, Economic Community, Social Culture Community. Sama aja kan…kan….?? Hehe, ya..hanya saja pengorganisasian masing-masing pilar memang dijalankan Community Council atau Badan Persatuan yang dikomandani kementrian terkait dengan setiap pilar. Misalnya di Indonesia, Community Council untuk Political Security Community nya dikomandani Menko Polhukam dan Menteri Luar Negeri, untuk Economic Community dikomandani Menko Perekonomian, dan Socio Culture Community komandannya Menko Kesra. Susunan lengkapnya bisa cek langsung di TeeeKaaaPeeee.

Nah..kalau kita bicara tentang ASEAN Community tentu akan lebih mudah karena sudah 9 hari kita membicarakannya dari A sampe Z. Bagaimana mencapai tujuan pembangunan Badan Persatuan ASEAN atau ASEAN Community?Hihi..panjang dan lebar nih… Yang jelas masing-masing negara anggota berpatokan pada blue print kerangka pembangunan setiap pilar :

  • Cetak Biru Politik-Kemanan, mulai dari upaya terciptanya good governance, pemberantasan korupsi, pemberantasan teroris, pemberantasan narkoba, pengamatan pelaksanaan pemilu, sampai upaya adanya visa bersama negara-negara ASEAN..(jadi ingat visa Myanmar ya…tantangan hari ke-4)
  • Cetak Biru Ekonomi, pfiuuhhh..paling lama nih buka arsipnya.. mungkin karena ini adalah rancangan utama ASEAN Community 2015. Cetak biru ini pengennya…. menjadikan ASEAN yang stabilitas ekonominya lebih baik lagi, kompetitif, dan kesejahteraannya meningkat. Disini juga ada cita-cita bebasnya lalu lintas barang, jasa, investasi, dan modal di negara-negara ASEAN. Program-program ASEAN Connectivity juga dibuat untuk menunjang terlaksananya program dalam cetak biru ekonomi. Ihhh banyak loh programnya…
  • Cetak Biru Sosial Budaya, sudah disahkan dalam KTT ke-14 di Thailand pada tahun 2009 yang isinya ada 6 elemen utama dan 348 rencana aksi. Rancangan aksi dalam cetak biru ini membutuhkan komitmen dan kerjsama masing-masing negara anggota mulai dari tingkat pusat sampai daerah.

Hiiiyyaaaaaa….mari kita tarik napas dulu….Banyak loh yang harus dilakukan untuk mencapai garis finish 2015. So Little Time So Much To Do…Sementara untuk urusan dalam negeri masing-masing saja…masih pada rempong… 😀 Jadi bisa nggak nih mewujudkan ‘Menyatukan Rakyat, Menciptakan masa Depan’? Yes We Can..!!!! Pasti Bisa dan Harus Bisa…Emboh Piye Carane… 😀

Kenapa harus bisa?

Ya..yang jelas sih..tantangan ke depan tuh semakin cetaaaarrrr… Yang udah kelihatan mata aja nih ada gambar di atas ..Upaya penyelesaian konflik Laut China Selatan. Ini memerlukan kerjasama yang solid dengan rasa KEKITAAN (We Feeling) yang gak setengah-setengah..Tahu dong..kekuatan China seperti apa… belum lagi menghadapi tantangan-tantangan dari lainnya, seperti Korea, Jepang, Rusia, Amerika, Eropa, Timur Tengah, Australia.. Apa yang mereka lakukan dampaknya ke ASEAN. Makanya ASEAN harus benar-benar solid biar gak sulit menghadapinya.. Jadi harus OPTIMIS ya…

Ngomong-ngomong..sudah Like Fan Page ASEAN Community belom? Fanpage lainnya ada juga sih..tapi lebih sedikit yang ‘Suka’. Sudah follow @ASEAN1Community ??ehh tapi @ASEANCom2015 followernya jauh lebih banyak..tau deh mana yang aseli..hehe yang penting tujuannya sama…Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan.

Advertisements

2 thoughts on “Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan..Yes We Can!

  1. yg penting mgkn sosialisasi ke masyarakat dlu kali ya mba,,biar pada tau pjabat2 tinggi kita tu pada punya planning apa,,maklum,,gak semua jenis rakyat melek internet,,kyk aku gni,,kalo gak baca postingan mak2 yg lg ngontes kn jg gk tau ada cerita kyk gni 🙂 salam kenal mba,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s