Selamat Datang di Laos…

Hari ke-6 #10daysforASEAN tantangannya adalah :

Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.

Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN.

Selamat datang di Laos, The Battery of Asia !!

Inilah kami, salah satu negara ASEAN yang nyaris tertinggal seperti Myanmar. Negara komunis dengan partai tunggalnya Lao People’s Revolutionary’s Party (LPRP) dan belum lama membuka diri terhadap dunia luar. Meski baru dibuka, kerjasama dengan pihak luar, terutama ASEAN, sudah terjalin dengan baik.

Kami memang ‘lockedland’ dan tak punya laut, tapi kami punya sungai dan danau. Inilah yang kami manfaatkan untuk menjadikan kami ‘special’ diantara negara-negara ASEAN lainnya.Ya, kami jadikan sungai-sungai itu sebagai sumber tenaga listrik. Lihatlah potensinya :

Luar biasa bukan?Itulah sebabnya kami menjadikan listrik sebagai komoditi ekspor utama yang sudah digunakan negara tetangga kami tercinta, seperti Vietnam, Thailand, Myanmar. Sudah ada sekitar 10 pembangkit bertenaga besar yang kami buat, dan masih ada puluhan pembangkit lagi yang sedang kami rencanakan. Itulah makanya tarif listrik di negara kami sementara ini termurah dibandingkan negara-negara lain, Coba lihat perbandingannya :

Meski kami sudah mampu mengekspor listrik kami akui beberapa bagian di wilayah kami belum mendapat akses listrik. Ya, ini PR buat kami. Tapi kami berani jamin, tidak ada mati lampu atau byar pet di area yang sudah terakses listrik di Laos ini.

Nah tidakkah negara ASEAN lainnya tertarik untuk bekerjasama dengan kami dalam bidang kelistrikan ini? Pasti tertarik..itulah makanya kenapa kami terus memperkuat jalinan di segala bidang, terutama dengan tetangga serumpun kami yang tercinta. Kalaupun para tetangga kami tidak membutuhkan listrik dari Laos ini, setidaknya kami bisa bertukar informasi teknologi atau bahkan tenaga kerja dan pendidikan di bidang kelistrikan, khususnya tenaga mikro hidro. Percayalah, kami ahlinya 😉

Hanya listrik saja? Oh ..tentu tidak…kami juga punya pertanian pangan yang mapan dan hasilnya juga sudah diimpor negara-negara tetangga kami. Sebagai salah satu produsen beras utama di ASEAN, kami juga masih perlu mengembangkannya hingga bisa menghasilkan beras yang lebih baik lagi. Kami tahu jagonya..Filipina, Indonesia, Vietnam..ayolah..kita bekerjasama dalam penelitian dan pengembangan beras dan tanaman pangan lainnya. Karena kita sama-sama makan nasi.

Potensi pariwisata dan potensi alam kami sebenarnya juga besar. Tapi kami baru menonjolkan wisata budaya dulu. Kami akan meningkatkan kerjsama dengan negara-negara ASEAN untuk menjadikan Laos sebagai tujuan wisata utama di Asia. Meskipun garis pantai kami 0 km alias tak punya pantai, silahkan para wisatawan datang untuk melihat keindahan sungai, gua, danau, dan pegunungan yang tak kalah indahnya dengan yang dimiliki sahabat tercinta kami di ASEAN. Setidaknya kami bisa belajar bersama bagaimana menjual potensi pariwisata di tingkat dunia, bagaimana menciptakan branding nation, bagaimana menjadi tuan rumah yang baik.

Apalagi tahun 2015 nanti kami dan para tetangga punya moment penting yaitu Komunitas ASEAN 2015. Nah.. besar harapan kami upaya tersebut benar-benar memberi dampak positif bagi percepatan pembangunan di negara tercinta kami ini. Kami pun akan menyiapkan diri untuk lebih terbuka lewat media-media sehingga dunia akan mudah mencari informasi tentang kami.

Masih penasaran dengan Laos? Sering-seringlah mampir ke negara kami… 😉 Terima kasih sudah mampir..jangan kapok ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s