Serumpun tapi Tak Sama

Tantangan hari kedua #10daysforASEAN :

Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal, Borobudur dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada.  Apakah ini menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun? Apa pendapatmu mengenai hal itu?

Inilah pendapat saya :

Bahwa negara-negara di ASEAN serumpun, sudah pasti iya. Tanda-tandanya apa? Tentu saja bukan hanya ditemukan pada Candi Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Kamboja. Meskipun menurut saya Angkor Wat lebih mirip Candi Prambanan, apalagi tujuan pendirian kedua candi juga nyaris sama. Angkor Wat dan Candi Prambanan dibuat untuk tempat suci umat Hindu, sementara Borobudur untuk umat Budha. Tapi secara umum candi-candi di Asia Tenggara memang nyaris sama dipengaruhi Hindu dan Budha, seperti Candi-candi di Lembah Bujang Kedah Malaysia, Thailand, Myanmar, Burma, dan tempat lainnya di Asia Tenggara.

Bukan hanya candi yang menunjukkan bahwa negara-negara ASEAN adalah serumpun atau se nenek moyang atau sekeluarga. Berbagai kesamaan atau setidaknya kemiripan di negara-negara ASEAN jelas menunjukkan kalau negara-negara ini serumpun. Apa kesamaannya?

  • Sejarah, negara-negara di ASEAN sama-sama berawal dari kerajaan Agraris dan Maritim dengan pengaruh kuat India dan Cina, sebelum masa penjajahan bangsa Eropa.
  • Seni dan Budaya, karena kesamaan latar belakang sejarah maka banyak peninggalan-peninggalan yang juga nyaris sama dengan pengaruh Hindu, Budha, dan Islam . Karya seni tari dan musik diantara negara-negara ASEAN mempunyai banyak sekali kemiripan.
  • Bahasa dan Sastra, bahasa sansekerta sama-sama menjadi bagian dari sejarah negara-negara ASEAN. Kisah-kisah wayang kulit di Malaysia, Indonesia, Kamboja, dan Thailand berasal dari sumber yang sama, yaitu India.
  • Ekonomi, negara-negara ASEAN sama-sama dalam kondisi berkembang.
  • Selain karena faktor sejarah, persamaan yang ada di negara-negara ASEAN karena faktor penduduk. Warga Indonesia yang tinggal di Malaysia membawa budayanya dan berkembang dengan luas.

Kesamaan dalam berbagai aspek ditambah posisi geografis yang sangat strategis dalam jalur perdagangan dan kekayaan sumber daya alam (kecuali Singapura ya…) juga menjadi dasar awal pembentukan ASEAN. Sampai sekarang perkembangan masing-masing negara ASEAN belum sejajar, masih banyak yang perlu ditingkatkan untuk bisa bersaing dengan negara maju. Dan yang terpenting adalah dengan berbagai upaya yang sudah dan akan dilakukan, salah satunya pembentukan ASEAN Community 2015, mampu menjadikan ASEAN sebagai komunitas yang berorientasi pada kepentingan dan memberikan manfaat pada rakyat, berpusat pada rakyat, dan digerakkan pada rakyat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s