Indonesia, True Paradise

#10daysforASEAN day 3

Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.  

Baiklah…Bicara tentang tagline untuk keperluan branding tujuan wisata di Indonesia tidak bisa selesai dengan hanya membuat tagline dan artinya. Apalagi bila tujuannya adalah bersaing dengan negara lain yang sudah punya branding kuat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar negeri. Tagline Indonesia akan bersaing dengan :

  • Malaysia dengan Trully Asia nya
  • Singapura dengan Uniquely Singapore nya
  • Thailand dengan Amazing Thailand nya

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia punya..beberapa malah ..bukan cuma 1 tagline. Visit Indonesia Year 1991, Indonesia: Ultimate in Diversity, Kenali Negerimu Cintai Negerimu, dan Wonderful Indonesia. Nah..mungkin karena banyak inilah.. jadi tidak ada yang melekat menjadi branding. Sementara Malaysia memakai tagline Truly Asia sejak 2006 sampai sekarang.

Memang yang dibutuhkan produk (pariwisata Indonesia) bukan sekedar tagline yang indah dan menarik. Tapi lebih dari itu, hal-hal yang terkait dengan pariwisata itu sendiri harus menunjang. Apa saja? Kebijakan pemerintah, konsep pariwisata dan pengembangannya, serta kesiapan masyarakat.  Membuat tagline untuk brand nation juga membutuhkan proses yang tidak sederhana dan biaya yang tidak sedikit. Tapi apabila proses dan implementasinya dilakukan dengan sungguh-sungguh hasilnya tentu saja sangat luar biasa. Muhammad Iqbal, salah seorang praktisi perhotelan dan pegiat pariwisata menguraikan, ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk sampai pada pemilihan tagline branding, yaitu :

  1. Audit atau research sebagai langkah awal yang paling menentukan, meliputi  Consumer Research, Communication Audit, Competitive Review, Stakeholders Audit, Facilities Audit, External Poll.
  2. Penetapan visi , sesuai dengan hasil audit.
  3. Eksplorasi tagline, disesuaikan dengan penetapan visi.
  4. Brand guidelines, merupakan langkah akhir penentuan brand. Disini brand yang sudah dihasilkan diterjemahkan standart aplikasinya, berupa pemilihan desain, bahasa, warna, huruf, simbol, penyampaian, atmosfer, suara, dsb.
  5. Master plan destination marketting communication,  brand yang sudah jadi dikomunikasikan dengan sistematis, terencana, terintrgrasi, tepat sasaran, dan terstruktur.

 

Jadi..kalau saya diminta untuk membuat tagline yang cocok untuk Indonesia, katakanlah sudah dan akan melalui tahapan-tahapan yang disebutkan tadi ya…hehe. Dan tagline nya adalah….Indonesia True Paradise. Sebenarnya saya tertarik menjadikan branding Jogja Never Ending Asia sebagai branding nastion menjadi Indonesia Never Ending Asia..tapiii…hmmm..terlalu mirip punya Malaysia yang sudah lebih ngetop dan begitu melekatnya di seluruh dunia serta sukses meraup puluhan juta wisatawan asing. Sudah pasti akan dikira meniru.

Jadi..tagline Indonesia True Paradise sebagai brand nation menurut saya sangat tepat karena obyek pariwisata di Indonesia tak ada tandingannya, apalagi untuk level ASEAN. Wisata alam seperti Raja Ampat, Taman Laut 17 Pulau Riung, Banda Neira, Pulau Komodo, Pulau Sipora Mentawai, gugusan gunung dari Sumatera sampai Papua, hanya Indonesia yang punya. Negara ASEAN lainnya..tidak punya. Belum wisata budayanya dengan kekayaan seni tradisi yang begitu melimpah. Belum kulinernya. Di dunia pun tak ada yang se komplit Indonesia. Dengan tagline tersebut Indonesia menjadi paradise bukan hanya di lingkup Asia tapi juga dunia.

Penggunaan tagline Indonesia True Paradise juga bukan hanya untuk 1-2 tahun, tapi untuk jangka waktu yang lebih panjang. Meskipun ada pergantian beberapa periode pemerintahan, tagline ini masih dipakai agar tidak bernasib seperti tagline sebelumnya. Promosi yang dibuat juga harus gencar dan kontinyu. Dengan tahapan serius dan proses promosi yang terarah dan terintegrasi didukung kebijakan pemerintah,pengembangan daerah tujuan wisata, dan partisipasi masyarakat Indonesia sendiri, yakinlah tagline Indonesia True Paradise mampu menarik wisatawan asing dan domestik lebih daripada yang sudah dicapai Malaysia, Singapura, Thailand, bahkan India.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s