Belajar Bahasa

Memilih sekolah dengan embel-embel ‘Islam Terpadu’ membuat anak-anak belajar 3 bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Meski tak terlalu banyak kosa kata yang dipelajari, setidaknya anak-anak mengenal 3 bahasa itu.  Minimal mereka bisa mengenal angka dalam bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. Pengenalannya memakai cara yang sama, lewat lagu-lagu sederhana.

Setelah pindah ke Sumenep, anak-anak semakin sering terdengar menyanyikan lagu tentang angka dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Kinar yang duduk di kelas playgroup lancar sekali menyanyikan lagu tentang angka itu dalam 3 bahasa.  Wajar saja kalau anak-anak lancar menyanyikannya, karena setiap akan masuk kelas mereka berbaris dan menyanyikan lagu itu.

Satu…*prok..prok..prok..prok..* Dua…*prok..prok..prok…prok..* Tiga..*begitu terus sampai sepuluh*

Bahasa Inggris.. One…*prok..prok..prok..* Two…*sampai Ten*

Bahasa Arab .. Wahid…*prok..prok..prok…* Itsnani…*prok..prok..prok*..Tsalatsa…*terus sampai ‘Asyra*

Memasuki bulan ke 3 bersekolah di Sumenep,  pengetahuan anak-anak tentang bahasa mau tidak mau harus bertambah lagi. Mereka belajar bahasa daerah, Madura. Setiap pulang sekolah atau sewaktu waktu mereka bertanya bahasa Maduranya ini, itu, dan mereka menyebut kosa kata yang sering dipakai dalam keseharian terutama saat di sekolah. Misalnya..’ nggak’ bahasa Maduranya apa… Setelah mereka menanyakan satu per satu..mereka merangkaikan tiap kata sendiri dengan versi mereka..Haha lucu juga mendengar mereka melafalkan bahasa Madura.

Sebagai kamus hidup bagi mereka, saya tidak terlalu kesulitan menjawab pertanyaan mereka tentang arti dalam bahasa Inggris dan Madura. Kesulitan saya adalah menjawab pertanyaan tentang bahasa Arab, meskipun saya pernah mengenyam pendidikan madrasah yang mengajarkan bahasa arab di tingkat lanjutan. Tapi karena pelajaran itu sudah berpuluh tahun yang lalu dan jarang dipakai, kebanyakan lupa nya.

Nares: Bunda..kalau bahasa inggrisnya rumput?

Bunda: grass..

Nares: kalau bahasa inggrisnya pohon?

Bunda: tree..

Nares: kalau bahasa inggrisnya bunga ..flower ya?

Bunda : iya..

Nares: kalau bahasa arabnya bunga?

Bunda: mmmmm…apa ya…*lupa…lupa….kamus mana…kamus mana….*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s